Adnan Buyung Nasution Larang Anas Jawab Pertanyaan KPK

AJP.Com, Jakarta - Pengacara Anas Urbaningrum, Adnan Buyung Nasution meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menjelaskan frasa "proyek-proyek lain" untuk kliennya. Buyung melarang Anas menjawab pertanyaan penyidik.

"Saya konsisten pada sikap dan pendirian hukum bahwa orang yang dipanggil, diperiksa, didengar keterangannya, harus jelas untuk tuduhan apa. Tidak hanya ditulis untuk proyek Hambalang dan proyek lain-lainnya. Saya menolak itu," tegas mantan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) itu di Gedung KPK, Jumat (17/1/2014).

Bang Buyung, demikian ia disapa, meminta sangkaan "proyek-proyek lain" atas kliennya itu dijelaskan dalam sangkaan yang lebih detail.

"Kami minta diubah ini, proyek apa, tuduhan apa. Kalau tidak bisa diubah lagi, tambah saja, proyek Hambalang dan proyek apa, misal proyek Angie, lalu apa lagi. Lalu serahkan, paraf dan saya paraf juga," tandasnya.

Namun, menurut Bang Buyung, permintaan tersebut ditolak KPK. Untuk itu, dia melarang Anas menjawab apapun dalam pemeriksaan kali ini.

"Mereka tidak mau mengubah, saya juga tidak mau menjawab apapun juga. Dan saya larang Anas, jangan jawab satu kata pun. Saya menantang, langsung ke sidang saja, kalau begini caranya," kata dia menantang KPK.

Anas saat ini masih berada di dalam Gedung KPK. Ia rencananya menjalani pemeriksaan perdana sebagai tersangka setelah resmi sepekan ditetapkan jadi tersangka.(In)