Adnan Buyung Nasution : SBY Perintah KPK Untuk Tangkap Anas


AJP.Com, Jakarta - Penasihat hukum Anas Urbaningrum, Adnan Buyung Nasution mengatakan penahanan kliennya itu kuat nuansa politik. Presiden SBY yang meminta KPK untuk menangkap Anas.

Menurut Adnan, ada nuansa politik dalam kasus yang menjerat Anas. Salah satu buktinya adalah pidato Presiden SBY dari Jeddah, Arab Saudi. Saat itu, SBY meminta KPK memberi kejelasan soal status Anas. Agar Partai Demokrat tidak tersandera.

"Saya kira semua tahulah dari Jeddah tanah suci, Presiden SBY meminta KPK supaya menyelesaikan perkara Anas. Inikan satu perintah, yah seharusnya KPK menolak perintah-perintah begitu," ujar Adnan saat di gedung KPK, Jakarta, Jumat (17/1/2014).

Bang Buyung, biasa ia dipanggil, mendampingi kliennya mantan Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Anas Urbaningrum yang menjalani pemeriksaan perdananya sebagai tersangka gratifikasi Hambalang dan proyek-proyek lainnya.

"Saya sengaja datang buat mendampingi mas Anas. Untuk menjaga, meluruskan agar pemeriksaan itu berdasarkan hukum dan penghormatan kepada HAM," katanya. (inilah)