Aneh Ruko Terbakar Sang Pemilik Tolak Pemadam Kebakaran

AJP.Com, Medan - Satu unit ruko yang dijadikan gudang penyimpanan bahan pembuat kue di Jalan Brigjen Katamso Gang Pantai Burung Lorong 2, Medan, terbakar, Kamis (16/1/2014) siang.
Bukannya memunculkan empati, kejadian ini justru memantik emosi warga sekitar yang curiga sikap pemilik usaha.

Kebakaran ini pertama kali diinformasikan warga yang melihat api dan asap tebal dari lantai 2 ruko dengan pelang UD Acai Jaya itu. Mereka menghubungi pemadam kebakaran.

Saat tim pemadam kebakaran tiba di lokasi tak jauh dari Istana Maimun itu, mereka kesulitan masuk ke dalam ruko. Pemilik dan pekerja yang ada di lantai 1 ternyata mengunci pintu dari dalam dan menolak membukanya.

Berbeda dari kebakaran lain yang biasanya mengundang empati warga, kali ini warga sekitar justru marah-marah menyikapi kejadian ini. Mereka emosi dan mengamuk karena bangunan itu sudah berulang kali terbakar. "Sebelumnya sudah dua kali terbakar. Kebakaran siang ini tidak dilaporkan, masyarakat yang melapor," ucap Bustamam Pohan, kepala lingkungan setempat.

Warga khawatir kebakaran di ruko itu bisa membahayakan permukiman di sekitar. Mereka bahkan menduga pemilik sengaja membakar gudangnya demi klaim asuransi. "Kami meminta agar usaha ini ditutup karena sudah berkali-kali terbakar," teriak Sahara, seorang warga.

Tak cuma melontarkan kata-kata kasar, warga yang emosi juga mencari pemilik gudang di dalam toko kuenya di Jalan Brigjen Katamso. Karena pemilik toko dan gudang terbakar itu tidak ada di tempat, warga meluapkan emosinya dengan memarahi pegawai toko.

Polisi yang tiba di lokasi pun langsung menenangkan warga. Mereka juga memasang garis polisi di depan toko dan gudang UD Acai. Petugas pemadam akhirnya membongkar paksa pintu besi gudang itu. Setelah mereka masuk, api pun berhasil dipadamkan. (Det)