Caleg Nasdem Pasang Foto Jokowi, Sekjen: Itu Kreatif Dan Silakan Saja


AJP.Com, Jakarta - Erizal Efendi, calon anggota DPR-RI dari Partai Nasdem untuk daerah pemilihan Sumatera Barat, memasang foto Jokowi --Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo-- di balihonya yang berada di Jalan Raya Padang-Bukittinggi, Sumatera Barat.

Dalam baliho itu, terpampang foto Erizal Effendi di sudut kiri, dan di sudut kanan terpampang foto Jokowi bersama Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh, dengan latar biru dan lambang Partai Nasdem bertuliskan "Gerakan perubahan untuk Indonesia baru".

Menanggapi hal itu, Sekretaris Jenderal Partai Nasdem, Patrice Rio Capella. mengaku kaget mendengar foto Jokowi terpampang di baliho caleg Nasdem di Padang. Menurut dia, ini merupakan akibat dari sistem suara terbanyak, sehingga orang berusaha mencuri perhatian agar diperbicangkan atau diperhatikan masyarakat.

"Yang pasti, tidak ada instruksi partai untuk membuat foto Jokowi bergandengan dengan gambar Pak Surya (Paloh)," kata Rio saat Rakornas Partai Nasdem di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Sabtu 25 Januari 2014.

Ia pun tak ingin menanggapi masalah ini dengan serius. Baginya, memasang foto Jokowi di baliho caleg merupakan bagian dari kreativitas. Lagipula, kata dia, Jokowi juga bukan caleg atau orang yang dipilih di dapil Sumatera Barat.
"Siapa pun yang dianggapnya sebagai strategi marketing dia, monggo saja," ujarnya.

Rio bahkan mempersilakan caleg-caleg Nasdem lainnya menggunakan foto figur-figur yang dianggap dapat mendompleng elektabilitasnya. "Silakan saja. Mungkin di Jawa Timur ada memasang foto Gus Dur dengan caleg Nasdem untuk menarik simpati Gusdurian," terangnya. (if)