Dua Unit Pasar Nagan Raya Dinilai Mubazir

AJP.Com, Suka Makmue - Dua unit pasar desa yang dibangun oleh Dinas Perdagangan Dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Nagan Raya dinilai mubazir. Pasalnya letak bangunan tidak strategis, sehingga sejak selesai dibangun belum difungsikan.

Pasar ini letaknya di Gampong Puuk, Kecamatan Beutong Banggala, Nagan Raya. Jarak dari Suka Makmu ibu kota Nagan Raya sekitar 2 jam dengan menggunakan mobil.

Hari itu Selasa (28/1/2013) tim Pansus III Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) melakukan tinjauan beberapa proyek yang dibangun dengan memakai Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA) 2013. Sebenarnya pasar ini tidak termasuk dalam list proyek yang ingin dipantau, namun melihat kondisi yang terbengkalai begitu saja membuat anggota Pansus Abdullah Saleh merasa prihatin dan kecewa.

“Letak pasar ini tidak strategis, jauh dari pemukiman warga, tidak mungkin digunakan untuk pasar,”kata politisi Partai Aceh ìtu.

Pengakuan dari warga setempat sejak usai dibangun belum ada tanda-tanda akan difungsikan. Abdullah Saleh menduga ini ada permainan saat penentuan lokasi. Soalnya, di sekitar pemukiman penduduk tanah tersedia cukup luas.

Pasar yang dua unit itu, satu unit dibangun tahun 2012 bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK), kemudian ditambah satu unit lagi memakai dana Otsus 2013. (her)