Ini Dia Kaca Spion Tercanggih


 

AJP.Com, Las Vegas - Kaca spion mobil menggunakan sistem operasi Android hadir di CES 2014 di Las Vegas, AS. Seperti apa?

Kaca spion yang disebut Drive Agent Mirror ini merupakan produk besutan perusahaan teknologi asal AS, Robin Labs dan Pioneer.

TechCrunch melansir, Drive Agent Mirror adalah kaca spion mobil bagian dalam yang telah dilengkapi display touchscreen dengan sistem operasi Android, plus perangkat lunak voice recognition buatan Robin Labs.

Kaca spion ini dirancang lebih lebar dari kaca spion biasa, dan tampak seperti spion pada umumnya ketika dalam keadaan tidak aktif alias off.

Namun ketika sistem Android yang terpasang pada spion tersebut diaktifkan, maka sepertiga bagian kaca di sebelah kiri akan langsung menyala untuk menampilkan display yang semi transparan.

Pengemudi mobil masih bisa melihat pantulan di bagian tersebut, namun interface yang digunakan masih akan tampak dominan.

Meski display ini merupakan layar sentuh, namun bentuk interaksi yang dijadikan fitur utama adalah perintah suara pengguna, alias teknologi yang menjadi spesialisasi Robin Labs.

Menu yang telah dikustomisasi tersebut akan bisa dinavigasi lewat perintah suara, jadi tangan pengemudi mobil akan tetap bisa berada di roda kemudi.

Kaca spion inovatif ini ditujukan untuk membantu pengendara ketika mereka memerlukan bantuan navigasi, menerima pesan masuk, juga untuk hiburan ketika berkendara.

Pioneer menyebutkan, Drive Agent Mirror akan membuat pengendara lebih berkonsentrasi pada jalan raya ketimbang menempatkannya di dashboard.

Kaca spion ini nantinya juga akan masuk dalam lini produk Networked Entertainment Experience milik Pioneer. [In]