Ini Kata Ketua Panwaslu Abdya Terkait Banyaknya Baliho Di Abdya Yang Bertebaran

AJP.Com, Blangpidie - Menanggapi banyaknya alat peraga kampanye yang masih bertebaran dan melanggar aturan. Ketua Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Abdya, Rahmah Rusli,S.Ag akan hal itu mengatakan, pihaknya sudah melayangkan rekomendasi ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Abdya dan kepada Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat.

Disebutkan, rekomendasi terkait penertiban atribut parpol itu dilayangkan ke Pemkab setempat pada bulan Desember 2013 lalu.

Namun hingga saat ini belum realisasi terhadap penertiban atribut parpol yang sudah sangat mengotori zona-zona larangan bahkan telah merusak keindahan kota.

“Rekomendasi telah kita kirimkan ke Pemkab Abdya pada bulan Desember lalu, namun hingga sekarang belum ada kejelasan,” ujarnya.

Disebutkan, beberapa waktu Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Setdakab Abdya juga pernah menanyakan terkait rekomendasi yang Panwaslu kirimkan.

“Kabag Pemerintahan pernah menyakan bagaimana mekanismenya, lalu saya menjawab ada baiknya dilakukan musyawarah terlebih dahulu dengan mengundang pihak-pihak terkait. Kabag Pemerintahan menyetujui dan sudah melayangkan undangan dalam rangka musyawarah itu, namun dengan tiba-tiba dibatalkan tanpa ada alasan yang jelas,” jelasnya.

Hingga saat ini, pihak Panwaslu tetap menunggu kapan kepastian alat peraga tersebut ditertibkan, apalagi jadwal pemungutan suara tidak lama lagi.

Sementara itu Kabag Pemerintaha Setdakab Abdya, Ikhwansyah secara terpisah mengaku telah menerima rekomendasi dari Panwaslu setempat terkait penertiban atribut caleg dari sejumlah parpol lokal maupun nasional.

Menurutnya, hal tersebut akan dibicarakan dulu dengan Sekretaris Daerah (Sekda) bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan.

“Akan saya bicarakan dulu dengan Sekda, tapi yang sangat berperan dalam penertiban itu adalah Panwaslu dan KIP, sebab mereka merupakan pihak yang sangat berwenang dalam penyelenggaran Pemilu,” ungkapnya singkat. (Putra)