Ini Tanggapan Kadis Pendidikan Abdya, Terkait Siswa Bolos

AJP.Com Blangpidie - Menanggapi pemberitaan teantang banyaknya siswa yang berkeliaran pada jam belajar. Kepala Dinas Pendidikan Abdya, Drs.Yusnaidi,M.Pd kepada wartawan mengatakan, hal itu disebabkan karena kurangnya perhatian dari sekolah, sehingga semakin banyaknya para siswa, baik SMA maupun SMP berkeliaran pada saat jam belajar.

“Guru terlambat datang ke sekolah atau tidak masuk bisa menjadi faktor banyaknya siswa bolos,” sebut Kepala Dinas Pendidikan Abdya, Drs.Yusnaidi,M.Pd.

Lebih lanjut dikatakan, terkait akan hal itu, ia sudah mengantongi identitas sekolah yang dengan sengaja memulangkan siswa lebih awal termasuk sekolah yang terkesan tidak peduli dengan membiarkan para siswa berkeliaran pada jama belajar.

“Identitas sekolah sudah kita kantongi, bahkan hari ini juga kita sudah menurunkan para pengawas sekolah termasuk Kepala Bidang Pendidikan Menengah ke sekolah yang dimaksud untuk menangani hal ini,” ungkapnya.

Pada intinya, siswa pada jam sekolah adalah tanggung jawab kepala sekolah. Bila keberadaan siswa ini pergi ke warnet sepengetahuan kepala sekolah, tentunya ini tidak masalah.

“Tapi jika keberadaan mereka di luar pada jam sekolah tidak sepengetahuan kepala sekolah, maka kita sepakat untuk merazia atau menidak tegas. Malah bukan hanya di warnet, sekarang banyak siswa yang merokok di tempat umum dan ini harus ditindak tegas,” pungkasnya.

Ia mengharapkan kepada seluruh kepala sekolah hingga dewan guru, kedepan untuk lebih serius dalam mengawasi anak didik.

"Sebab mereka itu merupakan generasi penerus bangsa, tentunya hal ini juga harus menjadi perhatian dari kedua belah pihak yaitu orang tua siswa dan pihak sekolah. Karena jika dibiarkan, para siswa ini semakin asik menikmati bolosnya itu,” tuturnya.

Seperti diberitakan AJP.Com sebelumnya, para siswa di Abdya sering berkeliaran pada saat proses belajar, baik tingkat SMP hingga tingkat SMA. (Putra)