Bupati Abdya Anggap Panwaslu di Abdya Tidak Ada

AJP.Com, Blangpidie - Pernyataan Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Aceh Barat Daya (Abdya) yang menyatakan surat rekomendasinya dianggap angin lalu oleh pemerintah setempat, ternyata tidak direspon oleh bupati Abdya. Pasalnya, Bupati Abdya Ir Jufri Hasanuddin MM Menganggap keberadaan Panwaslu di Abdya masih belum ada.

“Untuk apa saya respon surat rekomensi panwaslu itu. Saya menganggap panwaslu di Abdya belum ada,” Ujar Bupati Abdya Jufri Hasanuddin saat diminta tanggapannya melalui telepon seluler, Kamis (30/1/2013).

Bupati Jufri melanjutkan, Jika alat peraga kampanye para caleg ada yang terpasang di zona terlarang maka pihaknya bersama TNI Polri dan Kajari Kabupaten setempat akan melakukan penertiban. Akan tetapi penertiban tersebut bukan dilakukan dengan panwaslu yang ada sekarang.

“Saya melihat belum ada Panwaslu. kalau soal penertiban alat peraga kampanye caleg yang melanggar hukum dan melanggar aturan, sama-sama kita tertibkan bersama aparat keamanan, karena kita taat hukum” Kata Bupati Jufri.


Bupati Jufri melanjutkan, tidak di anggap adanya panwaslu Abdya, dalam hal ini didasarkan pada Undang-Undang Pemerintahan Aceh (UU-PA) Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh yang menyatakan DPR Aceh memiliki kewenangan dalam mengrekrut panwaslu yang selanjutnya disebut Panwaslih.

"Kalau kita merujuk pada UU-PA Nomor 11 Tahun 2006, Bawaslu Pusat tak punya kewenangan membentuk Bawaslu di Aceh maupun di kabupaten/kota," Jelas Bupati Jufri.

Apalagi, kata Jufri, Pasca dikeluarkannya keputusan Mahkamah Kontisusi (MK) yang menyatakan menolak permohonan perkara Sengketa Kewenangan Lembaga Negara (SKLN) yang diajukan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI terkait kewenangan membentuk Bawaslu di Aceh, oleh karena itulah, Pemkab Abdya tidak mengangap adanya Panwaslu di Kabupaten setempat.

"MK menolak gugatan Bawaslu RI itu karena sengketa antara DPRA dengan Bawaslu pusat itu bukan ranah MK, akan tetapi itu adalah ranah Mahkamah Agung (MA)," ungkap Bupati Jufri. (putra)