Kapolres Abdya Buka Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalulintas

AJP.Com, Blangpidie - Untuk menciptakan masyarakat yang patuh terhadap peraturan berlalulintas terus diupayakan, mulai dari kalangan kepolisian hingga Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

Salah satu langkah dan upaya yang dilakukan untuk menciptakan tertib dalam berlalulintas adalah dengan menggelar Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalulintas yang dicanangkan di Mapolres Abdya, Minggu (26/1).

Kapolres Abdya, AKBP Eko Budi Susilo,Sik melalui Kasat Lantas Polres Abdya, Iptu.Imam Syafii kepada wartawan mengatakan, keselamatan lalulintas merupakan tanggung jawab bersama, sehingga untuk menegakkan aturan tertib berlalulintas tidak hanya peran kepolisian, tetapi peran serta Pemkab dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar mau mentaati rambu-rambu lalulintas.

“Pihak kepolisian terus melakukan kegiatan pencegahan terhadap bahaya kecelakaan lalulintas, karena perilaku tidak tertib di jalanan telah menciptakan angka kecelakaan meningkat,” kata Iptu imam.

Melalui Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalulintas diharapkan dapat menyadarkan masyarakat bahwa tertib berlalulintas di jalan raya merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi, oleh karena itu para pengguna kendaraan bermotor harus mentaati aturan.

“Disiplin di jalan raya merupakan kebutuhan semua orang, jadi jangan hanya takut dengan polisi atau takut ditilang, tapi mulailah dari disiplin sejak dini,” ujarnya.

Kegiatan yang dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Abdya, Drs.Ramli Bahar, Dandim 0110 Abdya  Letkol ARM E Dwi Karyono AS, Satpol PP, Senkom, PNS tersebut dimeriahkan dengan kegiatan senam bersama di halaman Mapolres setempat.

Selain itu, pencanangan Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalulintas juga ditandai dengan pembagian helm SNI kepada puluhan pengemudi becak motor yang dinilai taat terhadap aturan lalulintas terutama terkait dengan kelengkapan surat-surat kendaraan hingga atribut keselamatan selama berkendara.

“Pembagian helm SNI kepada pengemudi becak motor ini sebagai bentuk penghargaan kepada mereka yang dengan sadar telah mentaati segala peraturan berlalulintas, dan tentunya mereka bisa menjadi contoh bagi pengendara bermotor lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, Sekda Abdya, Drs.Ramli Bahar dalam kesempatan yang sama mengharapkan dapat menggugah kesadaran kolektif untuk bersama-sama mempunyai tangung jawab ketika berkendaraan di jalan.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Abdya, kami sangat mendukung adanya pencanangan Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalulintas, utamanya kepada para pelajar yang belum waktunya berkendara,  juga masyarakat lainnya.  Saya berharap gerakan ini diteruskan  hingga ke kalangan masyarakat, sehingga kesadaran tertib berlalulintas ini menyentuh hingga masyarakat bawah di seluruh Kabupaten Abdya. Dengan harapan dapat menekan angka kecelakaan di jalan raya,” tuturnya.