KIP Abdya Adakan Bimtek Untuk Relawan Demokrasi

AJP.Com Blangpidie - Komisi Independen Pemilihan Kabupaten (KIP) Aceh Barat Daya (Abdya)mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk 25 orang relawan demokrasi (Relasi), Senin (20/1/2014).

“Pelaksanan bimtek ini dilaksanakan selama 2 hari, tujuan dilaksanakannya bintei ini adalah untuk memberi bekal kepada para relasi,” ujarnya Ketua KIP Abdya Muhammad Jakfar.

Sehingga, Lanjut Jakfar, ketika para Relasi ini turun lapangan untuk menjalankan tugas nantinya sudah mempunyai bekal dan mempunyai target yang jelas, dan berkerja mempunyai tanggungjawab yang penuh dengan komisioner KIP.


Sebanyak 25 orang Relasi tersebut merupakan representasi dari 5 segmen masyarakat yang nantinya akan menjadi target sosialisasi antara lain, segmen pemilih pemula, segmen pemilih perempuan, segmen pemilih marginal, segmen pemilih penyandang disabilitas, dan segmen pemilih keagamaan.

Segmen pertama, para relasi harus dan diharapkan bisa mengajak para kelompok marginal untuk bisa berpartisipasi dalam pemilu mendatang. Kedua, para relasi juga harus mengajak dan meyakinkan para kaum perempuan untuk cerdas dalam memilih, mengingat pemilih yang terbanyak adalah pemilih kaum perempuan.

Dan terakhir, tugas dari Relasi tersebut, harus bisa mengajak kelompok pemilih formula untuk berpartisipatif pemilu 9 April mendatang.

“Semoga dengan telah dikukuhnya dan diberikannya Bimtek ini, diharapkan para Relasi ini bisa berperan dalam membantu tugas-tugas KIP, paling tidak dengan adanya Relasi mampu menekan angka golongan putih (Golput) pada pemilihan legislatif di Abdya mendatang,” harapnya. (Putra)