KIP Abdya Rekrut 25 Relawan Demokrasi





Blangpidie - Dalam rangka menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) legislatif 9 April 2014 mendatang, Komisi Independen Pemilihan (KIP) kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), merekrut Relawan Demokrasi (Relasi).

“Relasi mempunyai tugas mulia dalam membantu KIP melaksanakan program mendidik masyarakat menjadi pemilih yang cerdas, jumlah yang mendaftar menjadi relasi berjumlah 59 orang, namun jumlah relasi yang dibutuhkan berjumlah 25 orang,” Ujar Ketua KIP Abdya Muhammad Jakfar.

Tugas dari relasi ini, lanjut jakfar, Mereka akan bertugas untuk mensosialisasikan berbagai hal tentang pemilu, seperti memberikan pendidikan tatacara memilih, meningkatkan partisipasi masyarakat untuk memilih sehingga berdampak angka golput akan berkurang, dan hal lainnya yang menyangkut dengan pemilu. “25 relawan yang direkrut nantinya akan bertugas untuk mensosialisasikan pemilu kepada pemilih pemula, disabilitas (orang cacat), kelompok agama, kelompok pinggiran, dan perempuan,” tambahnya.

Setelah terpilih nantinya, para relasi ini dijadwalkan akan dilantik pada 9 Januari 2014 mendatang dan akan diberikan bimbingan teknis tentang pemilu.“Setelah dilantik 25 relasi akan diberi pengetahuan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pemilu dan tahapan-tahapan yang berlangsung selama pemilu,” Jelasnya.

Ia mengharapkan dengan terbentuknya relasi nantinya dapat menumbuhkan kesadaran, perubahan sikap dan prilaku masyarakat menjelang pemilu nantinya. “Kita berharap, dengan terbentuknya relasi ini, partisipasi pemilih harus meningkat dan kualitas pemilih harus pula ditingkatkan. Relasi mesti bisa meyakinkan masyarakat bahwa memilih adalah tindakan politik yang mulia, karena satu suara, sangat menentukan nasib bangsa yang akan datang,” harapnya. (RS).

Foto : Ketua KIP Abdya Mewawancarai calon Relasi (RS)