Kurangnya Pengawasan Dari Sekolah, Di Abdya Siswa Berkeliaran Pada Jam Belajar

AJP.Com Blangpidie - Akhrir-akhir ini di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) para pelajar mulai dari tingkat sekolah menengah pertama (SMP) hinggga ke tingkat sekolah menengah atas (SMA) sederajat sering keluyuran di warung internet (Warnet) saat jam belajar.

Tidak hanya itu, para siswa ini dengan santainya berkeliaran di pusat perbelanjaan Kota Blangpidie dan tempat-tempat umum lainnya tanpa menghiraukan seragam sekolah yang masih melekat di badannya.

Hal ini mungkin disebabkan oleh pihak-pihak tertentu terutama pihak sekolah yang kurang mengawasi anak didik selama jam belajar, karena hampir setiap hari media ini menjumpai siswa-siswi SMA maupun SMP keluyuran di tempat-tempat  umum pada jam belajar tanpa ada keperluan penting ataupun tugas sekolah.      

Pemandangan ini terlihat sekitar jam 11.00 WIB, tampak para siswa masih menggunakan seragam SMP dan SMA lengkap di sejumlah lokasi keramaian.

Keberadaan warnet ibarat pisau bermata dua. Disatu sisi, warnet diperlukan untuk mengakses berbagai macam informasi, termasuk untuk menunjang pendidikan. Namun disisi lain, keberadaan warnet di Abdya mulai dikeluhkan kalangan orang tua.

Sebab banyak pelajar yang bermain game online saat jam belajar, bahkan tidak jarang saat mereka masih memakai seragam sekolah. Seorang siswa kepada wartawan saat dijumpai disalah satu warnet kawasan Blangpidie, Rabu (15/1/2014) mengaku sudah diperbolehkan pulang meskipun masih pada jam belajar yaitu sekitar pukul 11.00 WIB.

“Sudah diperbolehkan pulang, setelah kegiatan gotong royong di sekolah usai,” ujar salah seorang siswa yang diketahui berseragam dan beridentitas SMAN Setia itu.

Ironisnya lagi, ketika ditanyai tentang keperluan mereka mengunjungi warnet, mereka dengan wajah polos menjawab hanya untuk bermain facebook, dan bukan untuk keperluan tugas sekolah. (Putra)