Masyarakat Bireuen Digemparkan Penemuan Emas Kuno





AJP.Com, Bireuen- Warga Gampong Ujong Blang Kecamatan Kuala dalam beberapa hari ini dihebohkan dengan penemuan emas dalam bentuk cincin emas, tusuk konde dan Pintoe Aceh di  pinggiran laut  Pantai Kuala Ujong Blang.


Tiga hari lalu salah seorang warga yang sehari-hari berprofesi sebagai tukang parkir menemuka emas berbentuk tusuk rambut namun ujungnya sudah patah di Pantai Ujong Blang, Kecamatan Kuala, Bireuen.

Dek Gam, warga Gampong Ujong Blang Jumat (24/1/2014) ia menceritakan bahwa ia bersama temannya Nasir pada Selasa (21/1/2013) lalu saat hendak jalan-jalan di pinggiran laut Pantai Kuala Ujong Blang menemukan emas dalam bentuk Pintoe Aceh dan cincin serta tusuk konde.

“Pada saat   air surut usai pasang hari selasa yang lalu saya   menemukan emas dalam bentuk pintoe Aceh dan kawan saya Nasir dalam bentuk Cinci susu konde”Ujar Dek Gam.
Sejak penemuan itu, tambah Dek Gam, masyarakat menjadi heboh. Maka ramailah orang-orang yang menyusuri  pinggir pantai, dengan harapan akan ikut menemukan emas lainnya. Tak sia-sia, beberapa warga yang menyusuri  pinggir pantai ikut menemukan koin emas. Sedangkan emas dalam bentuk pinto Aceh yang ditemukan oleh Dek Gam, sudah dijual ke salah satu toko emas di Bireuen.

"Kalau mau melihat, silahkan datang nanti sore ke laut. banyak orang yang menyusuri pinggir pantai setelah Ashar," ujar Dek Gam.

Informasi sementara yang berhasil dihimpun perhiasan emas itu merupakan peninggalan masa lalu dalam bentuk harta qarun. kemungkinan besar hasil hempasan ombak lauat. 
Pantai Ujong Blang merupakan salah satu tempat rekreasi, yang biasanya dikunjungi wisatawan lokal.

Pantai ini letaknya di Kecamatan Kuala, Kabupaten Bireuen. Jika dilihat sepintas tidak ada yang berbeda dengan lokasi rekreasi pantai lainnya. (Tgj)