Menteri Pendidikan RI Sediakan 150 Beasiswa Untuk Aceh

AJP.Com, Banda Aceh – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, melalui Dinas Pendidikan Provinsi Aceh, tahun ini menyediakan beasiswa bagi 150 mahasiswa untuk melajutkan kuliah di berbagai universitas di Pulau Jawa.

“Beasiswa yang disalurkan ini diperuntukkan bagi mahasiswa di Provinsi Aceh,” kata Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng, Rabu (22/1/2014), kepada wartawan di Banda Aceh.

Samsul menyebutkan, penerima beasiswa tersebut nantinya akan dikuliahkan di berbagai Universitas ternama di Pulau Jawa seperti Institut Pertanian Bogor, Universitas Indonesia dan beberapa Universitas ternama lainnya.

“Mereka akan ditanggung sepenuhnya oleh Pemerintah selama empat tahun atau selama menempuh kuliah, Setiap mahasiswa nantinya akan menerima uang sebesar Rp 1 juta setiap bulannya. Sedangkan untuk uang kuliah dan lain-lainnya sudah digratiskan,” tambah Samsul Rizal.

Menurut dia, proses seleksi bagi penerima beasiswa akan dilakukan dalam waktu dekat oleh Dinas Pendidikan Aceh.

“Sementara kita hanya melakukan seleksi atau pengujian akhir saja. Seleksi mungkin akan dilakukan hingga ke Kabupaten/Kota,” ungkapnya.

Samsul berharap, siswa di Aceh yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah untuk dapat memanfaatkan peluang tersebut sebaik-baiknya.