Survei : Ahok Lebih Baik Dari Jokowi

AJP.Com, Jakarta - Joko Widodo alias Jokowi belum berhasil selama memimpin Ibukota DKI Jakarta.

"Rakyat menilai, Jokowi belum memberikan keberhasilan dalam memimpin Jakarta," kata Direktur Ekseskutif Vox Populi Survey, Hendrykus Sihaloho di Jakarta, Minggu (12/1/2014).

Menurut dia, mantan Walikota Solo itu baru masuk tahapan blusukan dalam memimpin Jakarta belum pada realisasi. "Bahkan, rakyat menilai Ahok (Basuki Tjahja Purnama) lah yang selama ini bekerja dengan baik, dan berkinerja bagus," ujarnya.

Ia melanjutkan, gaya kepemimpinan Jokowi dalam temuan survei mirip dengan Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY pada 2004, yakni menunggu keputusan Megawati.

Sebelumnya, lembaga Vox Populi Survey mengeluarkan riset dimana Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto unggul dari Megawati Soekarnoputri dan Joko Widodo (Jokowi).

Survei itu dilakukan dalam kurun waktu tanggal 9 sampai 23 Desember 2013, dengan 4.000 responden secara nasional. Hasilnya, Prabowo ada di peringkat tertinggi dengan hasil 33,1%, kemudian disusul oleh Megawati Soekarnoputri 15,4 %, dan Joko Widodo (Jokowi) 10,1%.

Kemudian, ada juga Capres lain seperti Wiranto yang sudah gencar beriklan namun hanya memiliki tingkat elektabilitas sebesar 8,4 %. Sementara, Abu Rizal Bakrie (ARB) juga hanya memperoleh 7,4 %, disusul oleh Dahlan Iskan sebanyak 7,3% dan Hatta Rajasa elektabilitasnya 1,7%.[man]