Tergusur dari puncak klasemen, Barcelona Akan Ubah Posisi Messi


AJP.Com, Madrid - Perubahan akan dibuat oleh pelatih Barcelona, Gerardo Martino, pada gaya permainan Lionel Messi. Penyerang Argentina itu akan lebih ditarik ke dalam.

Selama ini, Messi menjadi ujung tombak Barca berkat kemampuannya mengacak-acak pertahanan lawan lewat aksi individunya. Kini, Martino menilai kompatriotnya itu punya kemampuan lain.

Pelatih 51 tahun itu menilai Messi memiliki karakter tepat untuk bermain lebih ke belakang dan memberikan bantuan pada rekan-rekan penyerangnya.

"Saya telah berbicara padanya menyangkut kemungkinan (bermain lebih ke dalam). Sebuah variasi, dia bermain di belakang tiga penyerang. Tapi, tidak sejak awal," ujar Martino, seperti dilansir Sport.

"Itu terjadi saat dia bermain dengan Cesc (Fabregas) dan kami melakukannya saat melawan Levante, ketika (Jean Marie) Dongou masuk untuk beberapa menit," lanjutnya.

Taktik baru ini bisa saja diterapkan Tata --sapaan Martino-- ketika sang juara bertahan La Liga menjamu Malaga di Camp Nou, Minggu 26 Januari 2014.

Kemenangan pada laga nanti malam menjadi sangat krusial. Barca tergusur dari puncak klasemen setelah Real Madrid menang atas Granada semalam. Kedua tim berjarak dua poin.

Martino kemudian berbicara soal pemain yang baru kembali ke tim inti usai masa pinjaman di Schalke 04, Ibrahim Affelay. Menurutnya, pria yang terakhir kali masuk skuad utama pada Mei 2012 tersebut bisa saja dilepas.

"Saya senang dia sehat secara medis. Dia kini lebih memiliki irama permainan yang bagus. Kami pikir bagus untuk mencantumkannya. Dia bagus pekan ini."

"Prinsipnya, dia akan bertahan dengan kami. Tapi, tak ada yang mengatakan apa yang akan terjadi. Bursa transfer saat ini cepat naik dan turunnya," tambah Martino. (viva)