Tiga Perusahan Asal Korea Bangun perusahaan Listrik Di Aceh


AJP.Com, Meureudu - PT Goka Enc menggadeng PT Samyoung dan PT Dae Seung Generator ketiganya perusahaan dari Korea untuk membangun unit pembangkit listrik biodiesel, bio oil, dan pelabuhan di Pidie Jaya. Hal itu terungkap dalam pertemuan para pimpinan ketiga perusahaan asing itu, dengan jajaran Setdakab Pijay, Kamis kemarin (16/1/2014) di Meureudu.

Para pimpinan perusahaan asing yang hadir dalam pertemuan itu yaitu, Presiden Direktur PT Samyoung, Yoon Jae Ok, Direktur Jang Bee Hong, serta Presiden PT Goka Enc, Jang Eun Seog dan Presiden PT Dae Seung Generator, Kwun Yung Gon. Dalam presentasi di hadapan para kepala dinas Setdakab Pidie Jaya, Presiden PT Samyoung, Yoon Jai Ok mengatakan, perencanaan proyek pembanggkit listrik biodiesel dan bio oil power serta pelabuhan ini sebagai langkah awal untuk mengatasi krisis energi di Aceh dengan bahan baku utama kelapa sawit dan tanaman di sekitar lingkungan.

“Saat ini kebutuhan energi listrik di Aceh 500 MW, namun yang tersedia hanya 300 MW, sehingga masih sangat dirasakan akan kebutuhan energi untuk menutupi kebutuhan energi listrik tersebut,” kata Presiden PT Samyoung, Yoon Jai Ok.

Menurut Yoon, untuk menghidupkan unit pembangkit listrik itu, bahan baku utama bio diesel dan bio oil hanya membutuhkan kelapa sawit, cangkang sawit, limbah oli bekas, dan bahkan sampai pada sampah sehari-hari untuk diproduksi untuk dijadikan sebagai energi biodiesel.

Ia Yoon Jai Ok mengatakan, pihaknya serius membangun unit pembangkit listrik bio diesel dan pabrik pengolah untuk menghasilkan energgi listrik dan minyak untuk digunakan oleh pesawat, mobil atau mesin-mensin genator serta minyak goreng sebagaimana yang telah sukses dilakukan di negera Korea dengan kadar polusi rendah 32,30 persen.

Dalam pertemuan itu jajaran Setdakab Pijay hadir Ketua DPRK Abubakar Usman, Kepala Disperindagkop, Distannak, Dishub Kominfo, serta unsur Muspika Trienggadeng dan Panteraja. Ketua DORK Pijay, Abubakar Usman mengatakan, Pemkab Pijay sangat berterima kasih kepada perusahaan asing itu yang akan membangun unit pembangkit listrik bio diesel, serta pelabuhan di Panteraja. Karena itu, Abubakar mengharapkan agar dukungan semua masyarakat Pijay agar rencana tersebut bisa terlaksana.(c43)