Wakapolres Abdya : Ajak Nelayan Patuhi Aturan

AJP.Com, Blangpidie - Pasca Kejadian dan gelar razia rutin sat pol air, Waka Polres Abdya, Kompol. Tamlikan SH juga turut memantau kondisi di lapangan sekaligus mencari jalan keluar dari ketidak pahaman para nelayan setempat. Kepada puluhan nelayan, ia mengharapkan agar mematuhi semua aturan yang telah ditetapkan dalam kegiatan aktifitas melaut.

“Seharusnya para nelayan dapat mengerti, mengapa sampai ada penertiban seperti ini. Tentunya ada kekurangan yang harus dilengkapi, yang semuanya itu adalah untuk kepentingan dan kebutuhan nelayan juga. Oleh karena itu, kami mengimbau kepada para nelayan, agar menyikapi hal ini dengan bijak, jangan sampai ada salah penafsiran, bahkan untuk keperluan surat-surat tersebut, kami siap membantu para nelayan dalam pengurusannya dan akan dibantu oleh Sat Pol Air,” imbunya.

Alamsyah, salah seorang pemilik kapal kepada wartawan secara terpisah mengaku adanya salah penafsiran antara para nelayan terhadap petugas Sat Pol Air Abdya. Mereka berfikir ada penangkapan terhadap sejumlah kepal nelayan yang dilakukan oleh para penegak hukum.

“Kami sebelumnya salah paham, sehingga terjadinya ketegangan antara para nelayan dan petugas kepolisian. Setelah mendapatkan penjelasan dari sejumlah petugas, barulah kami tahu, bahwa razia tersebut hanyalah untuk melakukan penertiban terhadap kelangkapan surat-surat izin melaut serta kelengkapan keselamatan anak buah kapal,” ungkapnya.

Akan hal itu, para nelayan menyambut dan berjajanji untuk segera melangkapi semua izin dan kelengkapan keselamatan selama melaut.

“Kami sangat mendukung atas program tersebut, oleh karena itu kita akan melakukan pendataan kembali sehingga proses pengurusan sejumlah izin cepat selesai,” ujarnya. (Putra)