Konvensi Capres Partai Demokrat, Dianggap Ada 'anak emas' SBY

AJP.Com, Jakarta - Diantara para peserta Konvensi Capres Partai Demokrat, ada yang dianggap 'anak emas' Susilo Bambang Yudhoyono. Sampai salah satu kandidat Dino Patti Djalal akan mundur kalau ada 'anak emas'.

Menyikapi isu yang beredar itu, Partai Demokrat membantah telah menganak emaskan salah satu kandidat konvensi calon presiden (capres) partainya.

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Jhonny Allen Marbun mengatakan, pemenang konvensi capres Partai Demokrat tidak ditentukan oleh kader maupun petinggi partai. Tidak termasuk oleh SBY.

"Bagaimana menganak emaskan, kan semua berdasarkan hasil survei," kata Jhonny, jakarta, Rabu (5/2/2014).

Jhonny mengatakan, keputusan capres partai berlambang segitiga mercy itu ditentukan berdasarkan pemenang hasil lembaga survei yang disewa Partai Demokrat.

"Nanti kan semua diuji berdasarkan survei. Hasil survei itu kan tidak hanya satu, paling tidak ada tiga," tegas Jhonny.

Selain itu, kata Jhonny, partainya memberikan fasilitas yang sama kepada seluruh kandidat konvensi. Menurutnya, hal itu sebagai bentuk ketidakberpihakan partai tersebut.

"Bahkan semua organisasi Demokrat memfasilitasi untuk melakukan kunjungan. Tentunya inisiatif dari kandidat konvensi itu menghubungi untuk membutuhkan sarana prasarana," jelasnya.

Dino Patti Djalal sendiri siap mengundurkan diri dari konvensi jika ada peserta yang dijadikan "anak emas".

"Setiap peserta harus diposisikan setara dan diperlakukan sama," kata Dino dalam keterangan tertulisnya, Selasa (4/2/2014).

Beberapa peserta konvensi didukung elite Demokrat. Sebut saja Pramono Edhi Wibowo yang didukung Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono dan juru bicara Partai Demokrat Ruhut Sitompul.

Marzuki Alie didukung Wakil Ketua Umum Max Sopacua. Gita Wirjawan didukung Ketua DPP Partai Demokrat Kastorius Sinaga dan Dahlan Iskan didukung Sekretaris Majelis Kehormatan TB Silalahi.(in)