Mendagri Tunjuk Illizah Jadi PLH Walikota Banda Aceh

Banda Aceh - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menunjuk Wakil Walikota Banda Aceh Hj Illiza Sa"aduddin Djamal SE sebagai Pelaksana Tugas Harian (PLH) Walikota Banda Aceh.

Penunjukan itu untuk mengisi kekosongan jabatan yang ditinggalkan Walikota Mawardi Nurdin yang meninggal dunia 8 Februari 2014.

Telegram Mendagri itu diserahkan Sekretaris Daerah Aceh Dermawan kepada Wakil Walikota Illiza Sa"aduddin Djamal di Anjong Mon Mata, Senin (17/2/2014).

Sekda mengatakan, atas petunjuk dari Mendagri, gubernur membuat surat tugas kepada wakil walikota untuk menjalankan tugas walikota sambil menunggu proses penetapan wakil walikota menjadi walikota defenitif.

Namun demikian Dermawan berharap agar penetapan tersebut menunggu setelah 40 hari wafatnya walikota sebelumnya, meskipun tidak ada aturan yang mengatur hal itu. "Budaya kita di Aceh kan seperti itu, kita tunggu dulu sampai 40 hari, selain itu juga kesiapan oleh DPRK Banda Aceh," katanya.

Sementara itu Illiza Sa"aduddin Djamal mengakui sudah menerima surat penugasan sebagai pelaksana tugas harian walikota Banda Aceh sambil menunggu proses penetapan sebagai walikota definitif.