Munawar Liza : Polisi Harus Usut Tuntas Penganiayaan Kader PNA


AJP.Com, Terkait meninggalnya salah satu kader Partai Nasional Aceh (PNA) di Aceh Utara karena dianiaya oleh sekelompok orang yang diduga kader dari salah satu partai politik pada Kamis (6/2/2014) dini hari, Juru Bicara Bappilu PNA Munawar Liza Zainal sayangkan peristiwa itu
Munawar Liza mengatakan PNA sangat berduka atas meninggalnya salah seorang kader terbaiknya di Aceh Utara.

Dikatakan Munawar Liza, kejadian pengeroyokan yang berujung meninggalnya kader mereka itu merupakan salah satu petunjuk bahwa intimidasi terhadap PNA telah terjadi secara sistematis dan terkomando.

“Ada penangung jawab di belakang pelaku pembunuhan itu,” katanya.

Menurutnya , hal itu merupakan buah kegagalan aparat negara dalam menjaga keamanan dan menegakkan hukum. Setelah pembunuhan, pembakaran, pengancaman dan pengrusakan alat-alat peraga yang terjadi atas PNA, tidak ada upaya penegakan hukum yang serius dari aparat kepolisian.

“Ini tidak bisa dibiarkan. Polisi harus tegas dan harus mengusut pimpinan partai yang tidak mampu mengatur anak buahnya di lapangan. Kami yakin, kekerasan ini tidak berdiri dengan sendirinya, sebab telah terjadi secara berulang-ulang. Jangan sampai polisi takut karena pelaku berasal dari mereka yang saat ini sedang berkuasa. Hukum harus ditegakkan, keamanan harus dijaga dan perdamaian harus dipelihara pula,” tuturnya

Ia menambahkan, pihak penegak hukum seharusnya melaksanakan komitmen Pemerintah RI dan GAM yang tertuang dalam MoU Helsinki bahwa yang mengganggu perdamaian akan menjadi musuh bersama.

“PNA tetap istiqamah berjuang secara politik untuk turut serta bersama-sama membangun Aceh mencapai kesejahteraan,” ujarnya.