Pemkab Abdya Sosialisasi Standar Satuan Harga Barang Dan Jasa

AJP.Com, Blangpidie- Dalam penentuan satuan harga standar pemerintah daerah hanya menetapkan harga sesuai dengan harga pasar yang belum termasuk keuntungan, pajak dan pengeluaran resmi lainnya.

Hal itu diungkapkan  Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab  Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Drs. Thamrin yang menjadi narasumber dalam kegiatan sosialisasi standar satuan harga barang dan jasa kebutuhan Pemerintah kabupaten di Aula Masjid Kantor Perkantoran setempat. Senin (3/1/2014).

Sosialisasi yang diikuti oleh sejumlah perwakilan SKPK di jajaran Setdakab Abdya, konsultan dan asosiasi pengusaha kontruksi yang ada di Abdya tersebut dilaksanakan terkait dengan dikeluarkannya keputusan Bupati Abdya nomor 028/443/2013 tertanggal 14 Nopember 2013 tentang standar harga satuan barang dan jasa kebutuhan pemerintah.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Abdya, Drs. Thamrin yang menjadi narasumber dalam kegiatan itu menyebutkan, sosialisasi itu dilakukan agar dinas dalam menentukan harga kontrak untuk menetapkan harga pemikiran sendiri (HPS) sesuai dengan ketentuan standar harga pasar.

“Dalam penentuan satuan harga standar pemerintah daerah hanya menetapkan harga sesuai dengan harga pasar yang belum termasuk keuntungan, pajak dan pengeluaran resmi lainnya,”jelas Thamrin.

Lebih lanjut disebutkan, sosialisasi itu juga dimaksudkan untuk menghindari kerugian para kontraktor yang berimbas pada tidak sempurnanya pembangunan suatu proyek,”Harga standar tahun 2014 ini kita harapkan bebeda dengan harga-harga standar tahun sebelumnya,”sebutnya.

Hal senda juga diuraikan narasumber kedua Kabag Administrasi Pembangunan Setdakab Abdya, Firmansyah ST yang menyebutkan, untuk pengadaan barang dan jasa pengguna anggaran wajib memiliki harga pemikiran sendiri (HPS) yang disusun berdasarkan harga setempat.

“Selain itu, pengguna anggaran juga harus memperhitungkan keuntungan yang sangat wajar serta pengutan lainnya dan PPN 10 persen,”jelas Firman singkat. (Putra)