Aneh, Samsung Larang Galaxy S5 Di Rendam Meski Anti Air


Jakarta - Samsung telah membekali fitur anti air pada perangkat flagship terbarunya, Galaxy S5. Smartphone ini sudah memperoleh sertifikasi IP67, yaitu ketahanan terhadap debu dan air. Rupanya, meskipun anti air, itu tidak serta merta pengguna boleh dengan seenak nya mencoba merendam ponsel ini ke dalam air.

"Galaxy S5 ini bukan waterproof (kedap air), tapi water resistant (tahan air)," ujar Senior Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia Febri Rusli, dalam Media Pre-Briefing Galaxy S5, Rabu (19/3/2014), di Jakarta.

Febri menambahkan, bahwa Galaxy S5 tidak di maksud kan untuk penggunaan dalam air.

"Jadi, bukan untuk sengaja membawa ke air, tapi lebih kepada kejadian yang tidak sengaja di kehidupan sehari-hari, misalnya ketika terjebak hujan," ujarnya.

Lalu, mengapa Samsung tidak membuat Galaxy S5 benar - benar kedap air ? Menurut Febri, Samsung tidak melakukan hal tersebut berdasarkan pada hasil  yang di dapat dari survei pasar, bahwa sebagian besar pengguna tidak membutuhkan kemampuan seperti itu.

Meskipun demikian, Galaxy S5 ternyata masih bisa bertahan meski  dimasukkan ke dalam air. Hal ini di peragakan dalam acara pre-briefing tersebut, di mana sebuah Galaxy S5 tetap berfungsi seperti biasa setelah direndam di dalam sebuah wadah yang penuh berisi air.

Sertifikasi IP67 sendiri memang mengharuskan sebuah perangkat bisa bertahan di air sedalam 1 meter selama 30 menit. Galaxy S5 dilengkapi sejumlah sarana khusus untuk menunjang ketahanannya terhadap air, seperti cover penutup pada slot USB dan segel karet yang melindungi bagian elektronik pada sisi belakang.