Busyro Muqoddas : KPK Akan Buka Kantor Perwakilan diProvinsi


Yogyakarta - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Busyro Muqoddas menilai ide pembukaan kantor perwakilan KPK di daerah adalah langkah yang tepat dan masuk akal.

"Petingnya kehadiran KPK di daerah karena era otonomi justru telah melahirkan raja-raja korupsi di daerah. KPK dengan bantuan perguruan tinggi harus mempertimbangkan secara cermat, di daerah mana saja perwakilan ini pertama kali akan dibuka,": Ujar Wakil Ketua KPK Musryo Muqodas Pada acara SDiskusi di Yogyakarta, Jum'at Pagi (28/3/2014).

Namun, Musyo menilai saat ini KPK masih mengalami keterbatasan, dan kembali pada ide perwakilan ini. Kalau ada prioritas di beberapa daerah Saja.

"Saya kira tiga daerah saja cukup. Tapi kita juga masih perlu untuk melakukan riset, kira-kira daerah mana yang paling besar korupsinya. Kalau dari sektor tambang, itu 12 provinsi bermasalah semuanya Kendalanya di SDM, terutama jumlahnya. Idealnya di KPK ini mestinya tahun ini sudah punya lima ribu staf, tetapi tidak mungkin karena berbagai faktor. Bukan hanya anggaran tetapi juga menyeleksi SDM untuk mencari yang terpilih sesuai standar KPK itu juga susah," jelasnya. (Sul)