Cari Pesawat Hilang, TNI Sisir Pulau Rondo



Sabang - Nasib pesawat nahas Malaysia Airlines MH370 masih belum menemukan titik terang. Kepala Dinas Penerangan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara Marsekal Pertama Hadi Tjahjanto mengatakan tim TNI AU hingga saat ini masih menyisir di wilayah selatan Indonesia.

"Info awal hilangnya radar MH370 di Selat Malaka. Kami menyisir perairan di sekitar sana. Tepatnya di atas Pulau Rondo," kata Hadi ketika dihubungi, seperti yang di lansir dari Tempo, Ahad, (30/3/2014). Pulau Rondo merupakan pulau paling utara dari wilayah Indonesia yang terletak di Sumadra Hindia. Pulau yang menjadi bagian dari Kota Sabang, Aceh, ini berbatasan dengan wilayah Kepulauan Nikobar, India.

Hadi mengungkapkan, TNI AU akan terus mencari MH370. Dalam sehari, kata Hadi, pesawat terbang dua kali yakni antara pukul 07.00 hingga 11.00 dan dari pukul 12.00 hingga 15.30. "Ini menunjukkan area pencarian yang luas. Kami juga mengikuti perkembangan dari Malaysia," ujarnya.

Perkembangan terakhir, pencarian MH370 bergeser sejauh 1.100 kilometer dari area sebelumnya di selatan Samudera Hindia. Dua kapal Cina, Haixun 01 dan Jinggangshan, Sabtu lalu, tiba di zona pencarian yang berada 1.800 km sebelah barat Perth itu. Empat kapal Cina lainnya diperkirakan menyusul.

Adapun tim Indonesia, menurut Hadi, tak ikut pencarian hingga ke sana. "Berdasarkan telepon dari Panglima TNI AU Malaysia, kami mencarinya di sekitar wilayah Indonesia," ujar nya.