Dahlan Iskan : PLTU Nagan Juni Siap Beroperasi


Banda Aceh - Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan berjanji dan memastikan seluruh unit Pembakit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Nagan Raya segera dioperasikan Juni mendatang. Hal tersebut ditegaskan Dahlan kepada wartawan usai menghadiri zikir akbar pemilu damai di Pesantren Thalibul Pengurus Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA), Banda Aceh, Jumat (28/3/2014).

Pada acara zikir akbar yang turut dihadiri oleh anggota DPR T Riefky Harsya, Kapolda Aceh Brigjen Pol Husain Hamidi, Ketua Umum PB HUDA Tgk H Hasanoel Basri serta sejumlah ulama, Dahlan mengatakan, dalam jangka waktu tiga bulan ke depan PLTU Nagan Raya sudah bisa difungsikan untuk memenuhi kebutuhan listrik di wilayah Provinsi Aceh dan Sumatera Utara.

"Sekarang PLTU tersebut sudah menghasilkan listrik meski kadang-kadang hidup dan terkadang mati. Dalam tiga bulan pertama beroperasi aliran listriknya sering on off karena masih dalam tahap pengujian. Kalau istilah di mobil, masih indrien atau belum stabil. Nah, tinggal tunggu stabilnya," ujar Dahlan.

Untuk itu akan dilakukan penyempurnaan hingga 100%. Sekarang ini, kemampuannya baru mencapai 50% atau 50 mega watt. "Kita perkirakan tiga bulan ke depan akan bisa difungsikan semuanya. Kalau semua sudah bisa dioperasikan, kapasitas PLTU Nagan Raya mencapai 220 mega watt, artinya secara teknis tiga bulan ke depan PLTU itu sudah siap dioperasikan 100%," kata Dahlan lagi