Di Abdya 2 Unit Ruko Di Lalap 'Si Jago Merah'


Blangpidie - Kebakaran melanda Pasar Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Rabu (5/3/2014) pagi sekitar pukul 09.10 Wib. Dua unit toko dua lantai berdinding papan di Jalan Aq-Taqwa, masing-masing toko warung Mie putih  milik Said Dani dan gudang kelontong milik Marwan hangus dilalap sijago merah beserta isinya.

Api yang muncul tiba-tiba dari lantai atas toko menyebabkan pemilik toko dan sejumlah pengunjung  yang sedang makan mie putih di toko Said panik.

Begitu juga dengan sejumlah pedagang yang sedang berbelanja di toko Marwan langsung berteriak histeris.

Apalagi sijago merah terus membesar. Akibat  histeris warga minta bantuan, satu warga yang rumahnya dibelakang toko yang terbakar mendadak pingsan  Korban bernama Labai (72) langsung dilarikan ke RSUD Abdya untuk mendapatkan perawatan,  namun nyawanya tidak bisa diselamatkan.  Korban meninggal setelah terkena serangan jantung.

Pantauan dilokasi kejadian, suasana kota Blangpidie yang sebelumnya lengang langsung berubah ramai. Dalam sekejap, Jalan At-Taqwa Blangpidie  disesaki ratusan warga yang ingin melihat kejadian.

Marwan kepada wartawan mengaku, sangat terkejut api yang membakar bagian atas gudang miliknya.

“Saat itu orang kerja belum naik ke atas, namun tiba-tiba api sudah membesar,” ujarnya.

Dua unit mobil pemadam yang datang langsung menyiramkan api yang sudah membesar. Dibantu warga tim pemadam bekerja memadamkan api yang mulai merambah ke toko milik Marwan yang berada disebelahnya.

Disaat bersamaan, seorang ulama di Abdya Tgk Tulot Pimpinan Pasantren di Babahrot yang berada dilokasi kebakaran langsung mengumandangkan azan menghadap toko yang terbakar.

Sementara warga lainnya dibantu keluarga pemilik toko berusaha menerobos masuk kedalam toko untuk mengeluarkan barang yang belum  terbakar.

Penyelamatan itu dilakukan melihat api masih membakar bagian atas toko yang mulai merambat ke bawah.

Kapolres Abdya AKPB Eko Budi Susilo, SIK melalui Kasat Reskrim Iptu Fritriadi menyatakan, kasus kebakaran sedang dalam penyelidikan, namun untuk sementara kasus itu diduga karena jaringan  arus pendek.

“Kalau kita lihat dari kebakarannya itu bermula dari lantai atas makanya diduga arus pendek,” terangnya. (Putra)