Disdik Abdya Optimis Hadapi UN


Blangpidie - Untuk menyukseskan Ujian Nasional (UN) yang akan berlangsung April 2014, Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Barat Daya (Disdik Abdya) sejak Januari lalu memberlakukan penambahan jam belajar bagi seluruh siswa di daerah tersebut.

“Penambahan jam belajar itu mulai dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas. Sedangkan mata pelajarannya khusus mata pelajaran yang diujian kan,” ujar Edwar Taufik SPd, Mat, Sekretaris Dinas Pendidikan Abdya kepada wartawan, Senin (3/3/2014).

Selain pemberlakuan penambahan jam belajar, lanjut Taufik, Disdik Abdya juga sudah melakukan sosialisasi UN kepada wali siswa agar para orang tua tahu tentang syarat kelulusan anaknya.

Ia juga menyebutkan, sekitar seminggu yang lalu Disdik juga sudah melakukan ujian try out di setiap sekolah.

“Untuk hasil try out kita tunggu saja dalam dua hari ini. Kita berharap, dengan dilakukannya try out ini bisa jadi indikator untuk meningkatkan prestasi siswa,”sambungnya.

Selain itu, untuk memperbaiki mutu pendidikan di Abdya, pihalnya juga sudah melakukan usaha-usaha lain.

“Pihak Disdik Abdya juga telah melakukan silang guru pada sekolah-sekolah, tujuannya agar anak-anak tidak jenuh dalam belajar di sore hari. Selain itu, silang guru yang di lakukan adalah dengan guru yang dekat dengan sekolah saja,” ungkap Taufik.

Pihaknya juga berusaha agar mutu pendidikan di Abdya akan lebih baik. “Langkah-langkah yang kita lakukan ini adalah bagaimana mutu pendidikan di Abdya agar lebih baik, dan pada UN nantinya kita bisa naik peringkat,” tuturnya.(Putra)