Doto Zaini : Penduduk Aceh Makin Banyak, Budayakan KB



Banda Aceh - Setiap tahun, laju pertumbuhan penduduk di Aceh cenderung meningkat. Ini harus menjadi perhatian serius semua pihak.

Hal tersebut di katakan Gubernur saat pelantikan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Aceh Drs Natsir Ilyas M, Hum di Gedung Serbaguna Kantor Gubenur, Kamis (20/3/2014).

” Masalah kependudukan Aceh harus mendapat perhatian dari kita semua, sebab masalah ini terkait dengan sektor lain seperti pendidikan, kesehatan, pangan, lapangan kerja dan sebagainya” tegas Gubernur.

Gubernur menjelaskan, laju pertumbuhan penduduk Aceh cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Jika pada tahun 2005 jumlah penduduk Aceh hanya 4,1 juta jiwa namun pada tahun 2010 meningkat mencapai 4,49 juta jiwa, artinya terjadi penambahan penduduk sebesar 2,32 persen per tahun.

” Dengan situasi pertumbuhan ekonomi Aceh yang masih dalam proses transisi, idealnya kita harus bisa menekan pertumbuhan penduduk itu hingga mendekati 1 persen” tambah Gubernur.

Dengan begitu, kata Gubernur proses pembinaan keluarga sejahtera bisa lebih fokus dengan dukungan dari berbagai pihak. Kampanye dan sosialisasi program KB harus di jadikan sebagai sebuah budaya, itu sebabnya dibutuhkan kerjasama dari banyak pihak, termasuk masyarakat.

Gubernur berharap kepada kepala BKKBN yang baru, agar dapat menjadi motor untuk membangun kerjasama antar berbagai pihak terkait sehingga koordinasi dalam menjalankan program KB di Aceh berjalan efektif (Abhy)