Dubes Malaysia Kunjungi UIN


Banda Aceh - Dato’ Seri Zahrain Mohamed Mashim yang merupakan Dubes Malaysia untuk Indonesia, dan sejumlah pejabat kedutaan melakukan kunjungan silaturrahmi ke Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Jumat (14/3/2014).

Kedatangan rombongan ini disambut oleh Rektor UIN Ar-Raniry Prof. Dr. H. Farid Wajdi Ibrahim, MA, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama serta sejumlah pimpinan di lingkungan UIN.

Dalam sambutan nya, Rektor UIN Prof. Farid Wajdi menyampaikan beberapa hal terkait hubungan antara kampus UIN Ar-Raniry dengan Negara Malaysia, antara lain hubungan kerjasama antar kampus, pertukaran mahasiswa dan dosen.

“ Saat ini jumlah mahasiswa UIN Ar-Raniry mencapai 12 ribuan, 240-an diantaranya berasal dari Malaysia, ini data terakhir setelah wisuda bulan yang lalu, dan beberapa bulan kemudian dipastikan akan bertambah lagi setelah penerimaan mahasiswa baru nantinya,” ujar Farid.

Farid mengatakan, ada dua cara penerimaan calon mahasiswa dari Malaysia untuk UIN Ar-Raniry, yaitu jalur tes ujian masuk dan jalur transfer dari kampus di Malaysia, selain itu mereka juga memperoleh beasiswa dari Pemerintah Indonesia.

“ UIN Ar-Raniry tidak merasa asing lagi dengan Malaysia, banyak mahasiswa Aceh yang melanjutkan kuliah di Malaysia, begitu juga sebaliknya, selain itu Ar-Raniry telah melakukan kerjasama dengan beberapa kampus di Malaysia dalam hal pengembangan pendidikan,” kata Rektor.

Dubes Malaysia, Dato’ Seri Zahrain mengatakan “ bagi kami pendidikan adalah hal yang paling penting dan mahasiswa adalah duta kecil kami”. Selain itu, belliau menambahkan, lawatan atau kunjungannya ke Aceh khususnya di Kampus UIN Ar-Raniry ini untuk menjalin silaturrahmi dan kerjasama, serta dapat bertemu langsung dengan mahasiswa Malaysia di Aceh

Dato’ juga berharap supaya pimpinan UIN Ar-Raniry dan pemerintah Aceh bisa memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa Malaysia,

 “ Kami berharap anak-anak kami diberi pemahaman, perlindungan, pelayanan dan cara menyelamatkan diri jika terjadi bencana alam,”. (Abhy)