Ganjar Pranowo Menolak Jadi Gubernur DKI Pengganti Jokowi

Jakarta - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menolak mentah-mentah, wacana DPP PDIP untuk menjadikan dirinya sebagai Wakil Gubernur DKI jika Joko Widodo (Jokowi) maju pencapresan.

"Saya DKI 2 (Wagub DKI)? Saya Jateng 1 (Gubernur Jateng) kok. No, no," kata Ganjar usai peluncuran buku biografi Surya Paloh di Hotel Grand Hyatt, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (10/3/2014).

Ganjar lebih memilih bertahan sebagai Gubernur Jateng daripada menjadi Wakil Gubernur di DKI. Pertimbangannya, antara Jakarta dan Jateng memiliki problem yang berbeda.

"Masa dari 1 ke 2, bagaimana? Ini (Gubernur Jateng) penugasan partai. Ada banyak hal yang berbeda dari Jakarta dengan Jateng," kata Ganjar.

Ganjar sempat disebut sebagai salah satu nama potensial sebagai kandidat pengganti Jokowi di DKI. Hal ini pernah diungkapkan Ketua DPP PDIP Maruarar Sirait.

"PDIP punya kader banyak yang berkualitsas. Jokowi, Risma, Teras Narang, dan Ganjar Pranowo. Mereka sudah melalui suatu proses yang tidak tiba-tiba. Di DPR, ada Mbak Rieke yang membela buruh, Budiman Sudjatmiko di Komisi II, Eva Kusuma Sundari yang membela HAM," kata Maruarar. (detik)