Inilah Tanda Jika Ajal Kita Sudah Dekat


Kematian memang sudah menjadi rahasia Allah SWT. Tidak ada satu pun yang tahu kapan kita akan mati, termasuk diri kita sendiri.
Namun, kita hanya di beri tanda - tanda nya, jika kematian sudah hampir dekat. Apakah tanda - tanda itu ?
Dan bagaimana pula kah tanda - tanda itu kita terima ?

Diriwayatkan, ada sebagian para Nabi bertanya kepada Malaikat Izrail, Sang Pencabut Nyawa :

“Mengapa Kau tidak memberikan tanda - tanda atau peringatan, kepada manusia bahwa kau datang sebagai malaikat pencabut nyawa sehingga mereka akan lebih hati-hati?”
 
Ini lah jawaban Malaikat Maut : 

“Demi Allah, aku sudah memberikan aba-aba dan tanda-tanda kepada kalian yang sangat banyak, yaitu penyakit, muncul nya uban, kurang pendengaran, penglihatan mulai tidak jelas (terutama ketika sudah tua). Semua itu adalah peringatan bahwa sebentar lagi aku akan menjemputnya. “Apabila setelah datang aba-aba tadi tidak segera bertobat dan tidak mempersiapkan bekal yang cukup, maka aku akan serukan kepadanya ketika aku cabut nyawanya: “Bukankah aku telah memberimu banyak aba-aba dan peringatan bahwa aku sebentar lagi akan datang? Ketahuilah, aku adalah peringatan terakhir, setelah ini tidak akan datang peringatan yang lain.” (HR. Imam Qurthubi)

Itu lah tanda - tanda yang di berikan oleh Malaikat Maut kepada manusia. Jika rambut sudah memutih, mata sudah mulai kabur, gigi sudah banyak yang tanggal, dan mulai sakit - sakitan, maka, sudah selayak nya kita mempersiapkan bekal diri, menyongsong kedatangan Malaikat Maut. Sesungguhnya kita sudah di beri tanda - tanda, dan sudah seharus nya kita menyadari nya. (Abhy)