Jurnalis Perempuan di Aceh Masih Minim


Banda Aceh - Forum jurnalis Perempuan Indonesia- Aceh (FJPI-A) menilai bahwa jumlah jurnalis perempuan di Aceh saat ini bisa dihitung dengan jari.

Hal ini disampaikan Ketua FJPI saat memberikan sambutan dalam acara pelatihan Jurnalistik dasar yang diikutioleh para sisiwi SMA yang mengusung tema 'FJPI Aceh Goes to School'.

"Jumlah jurnalis perempuan untuk di Banda Aceh saja ada sekitar 14 pewarta perempuan yang tergabung dalam FJPI-Aceh. Dari jumlah itu separuhnya masih eksis di media cetak, elektronik, dan online," Ujar Ketua FJPI-Aceh Saniah LS.

Menurut Saniah LS, jumlah jurnalis di Aceh masih jauh dari harapan jika dibandingkan di Kota Medan. Karena Di wilayah tetangga Aceh, yang terdaftar sebagai anggota FJPI ada sekitar 60 jurnalis perempuan.

"Itu mengapa, FJPI-Aceh perlu goes to school, memberi pelatihan jurnalistik dasar di 11 SMA/SMK/MA di Kota Banda Aceh. Awalnya kami ingin menumbuhkan rasa cinta, suka, dan baru kemudian menyenangi profesi ini seperti tema kami yaitu menjadi jurnalis itu asyik," jelas Saniah yang sudah mulai berkecimpung di media sejak 2003.

Dia berharap dengan adanya pelatihan jurnalistik dasar itu bisa memberikan pengetahuan dasar tentang ilmu kewartawanan pada pelajar, khususnya pelajar tingkat SMA. (abhy)