Kapolres Abdya : Polri Harus Netral dan Tidak Boleh Memihak


Blangpidie - Kapolres Aceh Barat Daya (Abdya), AKBP Eko Budi Susilo, Sik menegaskan, pihak kepolisian harus bersikap netral dan tidak memihak ke satu kelompok atau partai manapun.

Hal tersebut ditegaskannya ketika menyampaikan amanat Kapolri, Jenderal Pol Sutarman dalam kegiatan apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata Rencong 2014 yang berlangsung di halaman Mapolres Abdya dihadiri Asisten  Pemerintahan Setdakab Abdya, Drs.Mac Rivai, Dandim 0110 Abdya Letkol Arm E Dwi Karyono AS, para camat, Selasa (18/3/2014).

“Tugas dari kepolisian adalah untuk mengamankan setiap kondisi dan situasi selama proses pemilihan umum (Pemilu) berlangsung, jadi tidak boleh berpihak ke partai politik manapun,” Tegas Kapolres Abdya AKBP Eko Budi Susilo Sik.

Lebih lanjut, kapolres menambahkan, tujuan gelar pasukan adalah untuk memantau kesiapan pasukan dalam rangka pengamanan Pemilu legislatif pada 9 April 2014 mendatang yang diikuti personel Polres Abdya, TNI, petugas Dinas Perhubungan, Satpol PP, Rapi, Senkom, Sar dan pemadam kebakaran.

Kepada seluruh personel Kapolres mengaharapkan, untuk menyukseskan serta pemantapan pesta demokrasi, para personel harus benar-benar dan menjalankan tugas dengan baik.

“Tugas pengamanan itu merupakan tanggung jawab serta kewajiban TNI/Polri terhadap berbagai potensi kerawanan yang bisa saja terjadi, seperti tindak pidana Pemilu,” Ujar Kapolres.

Disebutkan, untuk proses pengamanan dan menyukseskan jalannya pemilu 2014, pihaknya telah menyiapkan 206 personel Polri ditambah personel TNI serta tenaga pengamanan petugas Linmas.

“Karena Pemilu adalah sarana demokratis untuk membangun Negara yang berdaulat sesuai dengan keinginan rakyat, sehingga
kemungkinan berbagai potensi kerawanan harus diatasi,” ujarnya.(Putra)