Korupsi Pengadaan Transjakarta 1,5 Triliun, Tersangkanya 2 Anak Buah Jokowi



Jakarta
- Dua orang anak buah Gubernur DKI Jakarta, Jokowi, telah di tetapkan oleh Tim Jaksa Penyidik Pidana Khusus Kejaksaan Agung menjadi tersangka dalam kasus pengadaan Bus Transjakarta dan Bus Kota Terintegrasi Busway sebesar Rp. 1,5 triliun. Ada pun kedua tersangka tersebut bernama Drajat Adhyaksa dan Setyo Suhu.

"Sudah ada 2 TSK sudah ditetapkan. Dua-duanya dari PNS. Adi dan Suhu," ungkap Jaksa Agung Muda Pidana Khusus R Widyo Pramono di Kejagung, Jakarta, Jumat (28/3/2014).

Sementara Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Setia Untung Arimuladi menjelaskan, "telah ditemukan bukti permulaan yang cukup tentang terjadinya dugaan tindak pidana korupsi mark up dalam kegiatan Busway Transjakarta. Sehingga tim penyelidik pada Bidang Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung RI akhirnya meningkatkannya ke tahap penyidikan dengan menetapkan 2 orang sebagai tersangka itu," 

Saat ini tim penyidik sedang menyusun dan mempersiapkan rencana pelaksanaan penyidikan dalam rangka mengumpulkan bukti-bukti. Kasus ini terbongkar setelah beredar beberapa foto pada salah satu media yang menunjukkan 5 bus baru yang didatangkan dari China dalam kondisi bekas dan rekondisi pada beberapa bagiannya.

Dalam foto itu, tampak bagian beberapa komponen bus seperti tabung oli power steering dan turbo sensor berkarat. Selain itu, kompresor AC terlihat berjamur dan kabel otomatis spion terpasang tak rapi, dan salah satu rangka bus juga berkarat. (Yuri)