Partai Lokal Kampanye Bareng Partai Nasional

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membagi jadwal kampanye rapat umum terbuka bagi 12 partai politik (Parpol) di setiap provinsi.

Untuk itu, KPU meminta agar Parpol dan calon anggota DPD RI segera mendaftarkan juru kampanye (Jurkam) nya, tiga hari sebelum pelaksanaan kampanye rapat umum terbuka.

Sesuai jadwal kampanye, KPU membagi dalam satu provinsi akan ada 4 parpol yang melakukan kampanye.

"KPU akan memfasilitasi pelaksanaan kampanye rapat umum itu dari segi lokasi dan jadwal. Parpol dapat menggunakan atau tak menggunakan fasilitasi yang sudah disiapkan penyelenggara Pemilu," kata Komisioner KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah, Kamis (13/3/2014).

Kampanye sebanyak dua kali selama 21 hari tersebut untuk provinsi yang memiliki dua daerah pemilihan (dapil).

Provinsi dengan tiga dapil, kampanye dilakukan sebanyak tiga kali. Adapun provinsi dengan dapil lebih dari tiga, kampanye dilakukan sebanyak lima kali.

Untuk parpol lokal Aceh, kampanye rapat umum dilakukan bersama dengan parpol nasional. Setiap empat parpol nasional dan satu parpol lokal melakukan kampanye setiap hari di setiap kabupaten atau kota dan kecamatan.

Untuk lokasi pelaksanaan rapat umum, kata Ferry, KPU menetapkan rapat umum digelar di kabupaten atau kota. "Penentuan lokasi dilakukan KPU berkoordinasi dengan Pemerintah kabupaten atau kota," jelasnya.

Sementara pelaksanaan kampanye untuk anggota DPR RI, terang Ferry, dilaksanakan pengurus parpol tingkat pusat atau calon anggota DPR.

Pelaksanaan kampanye anggota DPRD Provinsi dilaksanakan oleh pengurus partai tingkat provinsi dan atau calon anggota DPRD Provinsi.

Selanjutnya pelaksanaan kampanye anggota DPRD Kabupaten atau Kota diselenggarakan pengurus parpol tingkat kabupaten atau kota dan atau calon anggota DPRD Kabupaten atau Kota.[Inilah]