Penalti Buat Barca Menang dan Pimpin Klasemen LA Liga Sementara


Barcelona - Barcelona keluar sebagai pemenang laga derby Catalan. Blaugrana mengalahkan Espanyol dengan skor tipis 1-0 berkat gol yang diciptakan oleh Lionel Messi lewat titik putih.

Pada pertandingan di Estadi Cornella-El Prat, Sabtu (29/3/2014), Barca dan Espanyol sama-sama punya sejumlah peluang bagus pada babak pertama. Tapi, tak ada gol yang tercipta hingga jeda.

Pada paruh kedua, sebuah insiden di kotak penalti Espanyol membuat Barca mendapatkan penalti. Penalti ini dikonversi menjadi gol oleh Messi.

Espanyol akhirnya harus mengakhiri laga dengan sepuluh pemain. Kiper mereka, Kiko Casilla, diusir wasit pada menit-menit akhir.

Kemenangan ini mengangkat Barca ke puncak klasemen sementara La Liga. Mereka mengumpulkan 75 poin dari 31 pertandingan, unggul dua poin atas Atletico Madrid yang turun ke posisi kedua. Tapi, kalau Atletico menang atas Athletic Bilbao pada pertandingan yang digelar Minggu (30/3/2014) dinihari WIB, maka Barca akan kembali ke posisi kedua. Espanyol masih di posisi kedelapan dengan 40 poin.

Jalannya Pertandingan

Barca mendapatkan peluang pertamanya pada menit keempat melalui sundulan Neymar. Tapi, sundulan penyerang Brasil itu terlalu lemah dan mudah diamankan oleh Casilla.

Beberapa saat kemudian, Espanyol memberikan respons. Mereka mengancam gawang Barca lewat tendangan mendatar Sergio Garcia yang masih sedikit melenceng.

Lolos dari jebakan offside, Messi punya kans untuk membawa Barca unggul pada menit ke-17. Namun, sundulan Messi meneruskan umpan matang Alves masih melayang di atas mistar.

Neymar membuang peluang emas yang didapatnya dua menit kemudian. Dia tak terkawal ketika menyambut umpan silang Alves, tapi sontekannya melambung.

Kubu Espanyol juga menyia-nyiakan kesempatan. Mendapatkan umpan matang dari Garcia, Pizzi sebenarnya punya ruang tembak terbuka di kotak penalti Barca. Tapi, penyelesaian Pizzi sedikit melambung.

Memasuki menit ke-39, Neymar kembali punya kans. Dia mengejar umpan terobosan Jordi Alba dan mencoba mencetak gol dari sudut sempit. Tapi, sontekannya masih melebar.

Hingga berakhirnya babak pertama, kedua tim belum mampu mencetak gol. Skor masih imbang 0-0.

Pertandingan berjalan ketat pada awal babak kedua, tapi kedua tim sama-sama kesulitan menciptakan peluang.

Pedro mendapatkan kesempatan pada menit ke-68, tapi sundulannya meneruskan sepak pojok Xavi bisa diantisipasi Casilla. Sementara itu, tembakan mendatar Alex Fernandez ditangkap dengan sempurna oleh penjaga gawang Barca, Jose Pinto.

Gerard Pique nyaris menjebol gawang Espanyol pada menit ke-73. Diawali situasi sepak pojok, dia menyontek bola di dalam kotak penalti. Tapi si kulit bundar menghantam mistar.

Barca mendapatkan penalti ketika pertandingan berusia 75 menit. Penyebabnya adalah handball yang dilakukan oleh Javi Lopez. Meski pemain-pemain Espanyol memprotesnya, wasit tak mengubah keputusannya.

Messi yang dipercaya menjadi eksekutor tak menyia-nyiakan hadiah tendangan 12 pas. Tembakannya membuat Casilla terkecoh. Barca memimpin 1-0.

Situasi Espanyol makin memburuk pada menit ke-82. Casilla dikartu merah karena menghalau bola dengan tangannya di luar kotak penalti.

Espanyol tak bisa memasukkan kiper baru karena mereka telah melakukan tiga pergantian pemain. Akibatnya, Lopez pun terpaksa jadi kiper dadakan.

Lopez yang kini bertugas sebagai kiper bisa menyelamatkan gawang Espanyol dari kebobolan pada menit ke-89. Dia menggagalkan peluang Alexis Sanchez.(detik)