Polres Abdya Adakan Simulasi Pemilu 2014



Blangpidie - Menjelang Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2014, Pihak keamanan terus berupaya agar potensi konflik yang kemungkinan akan terjadi pada pemilu bisa diatasi.Terkait dengan hal tersebut Pihak Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), kamis, (13/3/2014) melakukan Simulasi Pengamanan Pemilu.

Acara simulasi itu diikuti puluhan peserta yang tergabung dalam pengamanan Pemilu mendatang. Menggambarkan adanya aksi salah satu kelompok yang tidak puas dengan hasil yang dikeluarkan oleh pihak Penyelenggara pemilu. Sehingga para masyarakat yang tidak puas itu mencoba masuk ke TPS. 

Namun aksi para pengunjuk rassa itu dapat dicegah Oleh Pihak Kemamanan yang berada di TPS terlihat sigap dan mampu mengamankan aksi Massa yang mencoba masuk ke lokasi TPS hingga berujung aksi anarkis dan tindakan pengrusakan kotak suara yang berada di TPS dan Kantor KIP setempat.

Kapolres Abdya, AKBP Eko Budi Susilo Sik mengatakan, simulasi pengamanan Pemilu ini dilakukan untuk melatih seluruh anggota kepolisian yang ditugaskan dalam pengamanan Pemilu pada 9 April 2014 mendatang, sehingga diharapkan mereka dapat mengatasi hal yang terburuk sekalipun dalam Pemilu nantinya.

“Kegiatan simulasi ini sengaja digelar, arena jika terjadi yang sesungguhnya di sini maka kami petugas kepolisian sudah siap mengatasinya,” ujar Kapolres Abdya AKBP Eko Budi Susilo Sik.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, kegiatan simulasi tersebut merupakan sebagai bentuk kesiapan dari personel dalam mengamankan jalannya Pemilu mendatang.

“Dengan adanya kegiatan ini kita harapkan, bisa menjadi pembelajaran dari gambaran-gambaran jika terjadi hal-hal di luar dugaan, dapat segera diatasi sebagaimana prosedur dan aturan yang berlaku. Dan Pasti dari Kita tentu berharap Pemilu nanti tidak akan terjadi kerusuhan, dan dapat berjalan dengan baik,” harapnya.(putra)