Tahun 2014, Dana BLM Untuk Aceh Besar Rp 48 Miliar



Jantho - Alokasi dana Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) dari Kemenko - Kesra untuk Kabupaten Aceh Besar pada tahun 2014 sebesar Rp 48.098.855.000 atau lebih besar dari tahun 2013 yang hanya Rp 6,34 miliar.

Peningkatan tersebut dengan keberhasilan pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM MPd) dan PNPM Integrasi Program Putoh Ngon Mupakat Kuwat Ngon Meuseuraya (P2MKM). Khusus PNPM MPd Integrasi P2MKM, Aceh Besar mendapat alokasi Rp 4 miliar.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Aceh Besar, Drs.Syamsulrizal, M.Kes saat membuka sosialisasi PNPM-MPd Integrasi P2MKM Aceh Besar tahun 2014 di Gedung PKK Kota Jantho, Selasa (11/3/2014).

Menurut Syamsurizal, PNPM-MPd telah meletakkan dasar-dasar terwujudnya sistem pengelolaan pembangunan partisipatif di gampong dan antargampong. Dalam konteks ini, masyarakat berperan aktif dalam proses perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, pengawasan, dan pelestarian hasil-hasil pembangunan.

PNPM-MPd juga mendukung upaya perbaikan manajemen di gampong melalui fasilitasi penyusunan RPJMG dan RKPG. Kegiatan itu merupakan pintu masuk dalam rangka mewujudkan “Satu perencanaan gampong untuk semua”.

Dijelaskan, Aceh Besar pada tahun 2014 juga mendapatkan dana BLM untuk pola khusus penguatan dan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pengurangan Kemiskinan Indonesia (MP3KI) dari pemerintah pusat melalui Kemendagri sebesar Rp 6.242.000.000. (Haris)
.