Tinjau Kebakaran Di Riau, SBY : Jangan Ada Dusta Di Antara Kita


Riau - Kabut asap yang selama beberapa pekan terakhir menyelimuti kota Pekanbaru, Riau, semakin parah. Hal ini membuat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memutuskan untuk turun lansung ke lokasi, sekaligus untuk mendengar aspirasi masyarakat terkait hal tersebut.

Saat berada di Riau, SBY menyempatkan diri untuk meninjau titik kebakaran, yang terletak di depan SDN 10 Minas Timur, Minggu (16/04/20140). Setelah selesai, SBY menggelar pertemuan dengan masyarakat setempat. Dalam kesempatan tersebut, SBY meminta kepada masyarakat untuk memberi tahu, siapa oknum yang telah membuat hutan terbakar hebat.

"Siapa yang membakar hutan? Laporkan kepada saya sekarang juga. Jangan ada dusta di antara kita, kalau di sini tidak mau sampaikan apa yang sebenarnya terjadi, maka saya akan cari tempat yang lain," 

"Kalau hanya karena cuaca yang panas, efeknya tidak akan seperti ini. Ini ada pembakaran. Saya benar-benar ingin tahu dari saudara-saudara mengenai apa yang sebetulnya terjadi," tegas Presiden SBY

Menurut Presiden, jika permasalahan ini bisa teratasi dalam jangka waktu 1 pekan, maka waktu selanjutnya digunakan untuk mencari solusi agar musibah yang sama tidak kembali terjadi. "Karena asap ini, masyarakat Riau yang susah, biaya yang kita keluarkan besar. Singkatnya, rakyat menjadi korban api dan asap karena ulah pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab," tutur Presiden SBY.

Segala upaya untuk memadamkan api akan sia-sia jika masih ada yang membakar. Namun kemudian mereka marah kepada pemerintah pusat.

"Saya memperoleh banyak informasi tentang apa yang terjadi Riau ini. Tujuan saya datang ke sini untuk mengecek langsung semuanya," Presiden SBY menegaskan. (Vio)