Cerita Anak Aceh Tentang Pemilihan Legislatif Dan Eksekutif Di Turkey




Turkey - Pernahkah anda melihat pemilihan legislatif di tempat pemilihan selain Tanah Air? Atau melihat pemilihan eksekutif di tempat yang berbeda selain Nusantara? Dan atau melihat pemilihan umum yang dilakukan orang asing di negaranya sendiri?.

Ya, pada hari minggu tanggal 30 Maret 2014 beberapa hari yang lalu, telah diadakan pesta demokrasi pemilihan legislatif dan bersamaan dengan pemilihan eksekutif di negeri Ustmani tersebut.

Kali ini saya ingin sedikit berbagi cerita tentang meriahnya pesta demokrasi yang terjadi di bumi AL-FATIH ini.

Sangat banyak perbedaan tata cara pemilihan yang sering kita temukan di Tanah Air dengan tata cara pemilihan di Turki ini, baik dari segi keteraturan pemilihan, pemilihan yang dilaksanakan bersama,tempat pemilihan, dan jumlah partai di Turki.

Pemilihan umum yang telah diadakan sejak zaman Ustmani itu,banyak mengungkapkan berbagai rahasia di Turki sendiri pada umumnya.

Di Turki hanya terdiri dari 4 partai saja di seluruh Turki,mulai dari AK PARTI (Adalet ve Kalkınma Partisi), atau bahasa Indonesianya biasa disebut Partai Keadilan dan Kebangkitan.

Partai kedua yaitu CHP(Cumhuriyet Halk Partisi), yang artinya Partai Rakyat Republik. Partai ketiga yaitu MHP(Milliyetçi Hareket Partisi), yang artinya Partai Gerakan Kebangsaan dan yang terakhir yaitu BDP (Bagımsız Demokrat Partisi), yang artinya Partai Demokrasi Merdeka.

Perbedaan yang dapat kita liat dengan perbedaan di Indonesia salah satunya yaitu TPS (tempat pemilihan suara) yang biasanya di Indonesia diadakan di lapangan atau di tempat terbuka lainnya.

Tetapi berbeda dengan negara 2 benua ini, di negara ini TPS diadakan disetiap sekolah-sekolah, dan setelahnya terus mempunyai sekat-sekat di setiap kelasnya. Tentu hal yang menarik yang dialami siapa saja yang mengalaminya disini.

Dan juga pemilihan pun diadakan secara langsung dan bersamaan, mulai dari pemilihan legistatif (DPR,DPD), dan juga pemilihan eksekutif (GUBERNUR, BUPATI, CAMAT hingga KEPALA DESA) yang dilakukan secara bersamaan pada hari tersebut.

Pemilihan pun juga dilaksanakan secara bersamaan di seluruh penjuru Turki ini, kecuali yang tidak kita temukan yaitu pemilihan Presiden atau Perdana Mentri yang akan di adakan tahun depan.

Tentu euforia yang berbeda yang dapat kita rasakan perbedaan dengan di Indonesia yang diadakan satu-satu setiap pemilihannya.

Pada hari yang bersamaan waktu pun dimundurkan menjadi 1 jam kebelakang, waktu yang semula berbeda dengan indonesia 5 jam lebih cepat, kemudian berubah hanya menjadi 4 jam lebih cepat.

Sungguh perubahan yang tak di sangka-sangka oleh sebagian orang yang tidak merasakannya, disamping itu juga karena musim dingin pun telah berakhir dan mulai memasuki musim semi yang indah.

Pada jam 09:00 pagi waktu setempat, orang-orang pun berkumpul di tempat pemilihan masing-masing.

Kota yang biasanya dipenuhi keramaian sesak dan lalu lalang disetiap ruas-ruas jalan pun terasa sunyi dan sepi ketika pemilihan berlangsung. Sedangkan di segi tata cara mungkin sedikit terdapat kesamaan dengan pemilihan yang diselenggarakan di Indonesia, hanya saja pemilihan dilakukan dengan men-stempel ke suatu partai yang akan dipilih, bukan dilakukan mencoblos dengan paku seperti di Indonesia.

Pemilihan pun dilaksanakan secara teratur dan terkendali di Negara Ustmani ini. Jadi, tidak heran jika kita jarang mendengar kekacauan dalam pelaksanaan pemilihan, atau pun aksi demo setelahnya.

Perlu diambil contoh oleh negara kita bahwa pemilihan yang bersih, teratur dan terkendali pun adalah jalan untuk majunya suatu pemerintahan.

Dan ketika 2 bulan lebih lamanya anspirasi rakyat berlangsung, tidak pernah saya melihat dan mendengar tentang adanya penyogokan kepada masyarakat sendiri pada umumnya, baik berupa seperti pemberian uang, makanan, minuman, pakaian, dan lain sebagainya agar masyarakat harus memilih suatu partai tersebut.

Mereka mengapresiasikan partainya sesuai dengan kemampuan apa yang dimiliki partai tersebut, maka jangan heran jika kita melihat perubahan sangat pesat Turki zaman sekarang yang sangatlah maju dibandingkan dengan Turki ketika masih 20 tahun yang lalu.

Acara pesta pemilihan dan pengumutan suara pun berakhir pada jam 11:00 malam waktu setempat. Sungguh hari yang melelahkan dan juga disamping itu juga akan membuat masyarakat Turki tidur nyenyak, karena akan ada beberapa pemimpin-pemimpin baru yang akan duduk di kursi pemerintahan seperti DPR,DPD,GUBERNUR,BUPATI,CAMAT,dan KEPALA DESA.

Karena proses pemilihan dan sistem kerja di Turki sangat praktis dan cepat. Tepat pada jam 02:00 dinihari waktu setempat, keluarnya pengumuman dari 4 partai tersebut yaitu : AK PARTI,CHP,MHP,dan BDP,dan juga dari 76 Provinsi yang ada di Turki,akhirnya dimenangkanlah oleh partai AK PARTI.

AK PARTI berhasil menduduki peringkat pertama,yaitu dengan memenangkan 46 Provinsi yang berhasil di duduki oleh AK PARTI. Posisi kedua diduduki oleh musuh besar AK PARTI yaitu CHP dengan kemenangan hanya memegang 12 Provinsi. Peringkat ketiga disusul oleh BDP dengan kemenangan 9 Provinsi. Posisi terakhir diduduki oleh MHP dengan hanya memenangkan 7 Provinsi.

Saya juga mendengar jika suatu partai telah menang di suatu provinsi tersebut,maka sudah barang pasti posisi Gubernur, Bupati, Camat, dan Kepala Desa akan diduduki oleh suatu partai tersebut.

Dan pada hari Senin keesokan harinya, Pemerintah pun mengadakan tanggal merah se-Turki,mengingat lelahnya pemilihan hari itu.

AK PARTI,partai yang disusung oleh Erdoğan itu,telah maju pesat sebagai partai besar selama 2 tahun belakang ini,Erdogan sendiri sebagai pendana menteri Turki yang orang-orang dunia banyak menyebutnya seorang pemimpin yang adil dan terkenal di dunia karena kepiawaiannya dalam memimpin Turki sendiri,pemimpin yang telah mengguncang dunia,pemimpin yang telah membawa Turki berkembang pesat selama 2 tahun ini. Jika anda tidak percaya,anda bisa datang langsung ke negara yang tidak mempunyai hutang sepeserpun kepada bank dunia saat ini.

Semoga negara berkembang seperti Indonesia,bisa mengikuti jejak negara maju seperti Turki ini dan semoga Indonesia bisa menjadi negara maju. Semoga musibah-musibah pemberontakan di aceh akan segera usai dan damai. Dan yang terakhir kita berdoa semoga suasana pemilihan legistatif di Indonesia yang akan diadakan pada hari rabu tanggal 9 April ini supaya berjalan lancar dan terkendali dan dirahmati oleh ALLAH SWT.

Semoga Indonesia akan mendapatkan pemimpin-pemimpin yang adil yang akan duduk di bangku DPR,DPD. AMIN!! Hidup Indonesia!!


Oleh TEUKU AKBAR MAULANA, Siswa Turkey Diyanet Fondation Scholarship Programat International Imam Khatip High School, Alumnus SMP Islam Pesantren Darul ‘Ulum Banda Aceh melaporkan dari Turkey.