H-1 KIP Abdya Mulai Salurkan Logistik Pemilu Ke 344 TPS


Blangpidie - Komisi independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mulai melakukan pendistribusian logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 9 April 2014 berupa perlengkapan surat suara, kotak dan bilik suara ke sembilan kecamatan dalam kabupaten setempat dan selanjutnya diteruskan hingga ke 344 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 141 titik, Selasa (8/4/2014).

Pendistribusian itu dilakukan sejak pagi, sejumlah logistik tersebut didistribusikan menggunakan puluhan truk dengan melibatkan sejumlah pekerja dibawah pengawasan pihak KIP Abdya, Panwaslu dan pengawalan aparat keamanan.

Ketua  KIP Abdya, Muhammad Jakfar kepada wartawan,mengatakan, proses pendistribusian dilakukan secara bertahap, dengan mendahulukan kecamatan yang jarak tempuhya lebih jauh.

"pendistribusian dimulai dari Kecamatan Lembah Sabil, Manggeng, Tangan-Tangan, Babahrot dan Kuala Batee," ujar Muhammmad Jakfar disela-sela memantau jalannya pendistribusian logistic.

Lebih lanjut ia menambahakan,untuk Kecamatan Setia, Blangpidie, Susoh dan Jeumpa dilakukan setelah proses pendistribusian di lima kecamatan yang jarak tempuhnya tergolong jauh itu usai.

"Logistik kita distribusikan dengan menggunakan puluhan truk, ada yang berukuran sedang dan kecil,"jelasnya.

Adapun logistik yang didistribusikan tersebut terdiri dari 98.383 surat suara untuk DPR RI, 98.383 surat suara untuk DPD, 98.383 untuk DPRA dan 101.383 surat suara untuk DPRK.

“Selain itu, perlengkapan lainnya seperti bilik suara mencapai 1.376 yang terdiri dari bilik suara jenis kardus dan seng plat. Jumlah kotak suara sebanyak juga sama dengan jumlah bilik suara, dimana dalam kotak suara itu, selain berisi surat suara, juga terdapat perlengkapan pemungutan suara,” pungkasnya.

Menurutnya, sejauh ini proses pendistribusian logistik Pemilu legislatif di wilayah Kabupaten Abdya dapat dipastikan berjalan lancar, apalagi lokasi penempatan logistik masih bisa dijangkau dengan mudah, sehingga akan diselesaikan waktu cepa

Amatan wartawan dilapangan proses Pendistribusian itu mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian setempat. (Putra)