Ini lah Tablet Pertama Milik Nokia Yang Batal di Luncurkan



AcehJournalPasific.com - Mungkin Anda hanya mengenal iPad, tablet buatan vendor Apple. Namun, tahukah Anda, bahwa sebelum iPad muncul ke pasaran pada tahun 2010, Nokia sudah terlebih dahulu membuat tablet ? Ya, pada tahun 2001 silam, Nokia secara diam - diam pernah mengembangkan perangkat dengan fungsi yang menyerupai tablet PC.

Nokia memberi nama pada tablet buatan nya tersebut M501. Hal tersebut terungkap ketika media Finlandia,  ISTV, mewawancarai  mantan karyawan Nokia, Esko Yliruusi. Menurut Yliruusi, M501 sudah dianggap canggih pada masanya, walau masih mengusung layar hitam putih. Adapun tablet Nokia tersebut, lebih tebal dibanding tablet PC yang banyak dibuat saat ini.

Tablet Nokia M501 memiliki penopang yang mirip dengan tablet Surface Microsoft, untuk membantunya berdiri secara vertikal, serta juga memiliki beberapa tombol di kedua sisinya yang bisa digunakan untuk navigasi antarmuka.

Adalah momen yang tepat jika Nokia meluncurkan nya pada saat itu, mengingat beberapa tahun silam Nokia sempat menjadi raja ponsel di seluruh dunia selama 14 tahun berturut - turut. Namun, hal tersebut tidak di lakukan oleh Nokia. Apa sebab nya ?

Nokia mempertimbangkan banyak hal, mulai dari tablet tersebut terlihat terlalu tebal, layar monokrom, dan banyak tombol yang tersebar di kedua sisi layarnya, maka tablet  M501 dianggap kurang praktis digunakan. 

Yliruusi mengungkapkan, tablet Nokia tersebut terlalu cepat hadir pada masanya. Karena itu, Nokia memutuskan untuk menghentikan dan tidak lagi melanjutkan proyek tersebut. (Abhy)