Jembatan Gantung Putus, Empat Warga Masuk Sungai



Sumut - Akibat putus nya jembatan gantung Sungai Deli yang menghubungkan antara Kecamatan Medan Marelan dan Medan Labuhan ambruk, Selasa (22/4/2014), sedikit nya ada empat warga yang terjatuh dan tercebur ke dalam sungai.

Informasi dihimpun Sumut Pos menyebutkan, ambruknya jembatan peninggalan zaman Belanda tersebut karena tidak mampu lagi menahan beban. Sebelum ambruk, 4 warga, 3 di antaranya mengendarai sepeda motor melintas diatas papan jembatan gantung.

"Saat aku jalan kaki kondisi jembatan ini biasa saja. Begitu ada 3 warga yang melintas naik kereta (sepeda motor, red), jembatan ini mulai bergoyang-goyang," ujar, Hermasyah seorang pelajar yang menjadi korban.

Getaran dan kapasitas beban membuat tali sling baja penopang jembatan tua ini tak lagi mampu bertahan. Tanpa disadari, tiba-tiba salah satu tali sling baja terputus dan ke empat warga inipun terpental dan langsung terjun bebas ke dalam aliran sungai deli. Sedangkan 3 unit sepeda motor milik warga yang menjadi korban tersangkut dipagar kawat pembatas jembatan.

"Kami sempat mendengar suara putusnya tali baja jembatan, enggak lama jembatan langsung oleng ke kanan dan kami jatuh tercebur ke dalam sungai," ungkapnya.

Beberapa warga setempat yang mengetahui kejadian itu berupaya memberi pertolongan, dalam kondisi seluruh pakaian basah ke empat warga yang menjadi korban lalu digiring ke bantaran Sungai Deli. Meski hanya mengalami cedera ringan, Herman mengaku akibat musibah tersebut hidungnya terasa sakit dan kepala pusing.

"Kepalaku masih terasa pusing bang, hidung juga terasa sakit akibat kemasukan air sungai. Tapi, alhamdulillah aku bisa selamat," ucap warga Gang Ikhlas Kelurahan Labuhan Deli Kecamatan Medan Marelan ini.

Lurah Pekan Labuhan Kecamatan Medan Labuhan, Khairun Nasir mengatakan, pihaknya sudah melakukan pengecekan di sekitar lokasi putusnya jembatan gantung. Namun setelah dilihat lanjut dia, titik putusnya tali sling baja tersebut terjadi di wilayah Lingkungan 3 Kelurahan Labuhan Deli Kecamatan Medan Marelan.

"Saya sudah cek langsung pagi tadi, tapi setelah dilihat titik putus tali sling bajanya terjadi di wilayah Kelurahan Labuhan Deli. Jadi bukan masuk ke wilayah saya," ujar nya. (sumut pos)