JK, Cawapres Terfavorit Di Twitter



Jakarta
- Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Prapancha Research mengungkapkan bahwa JK sebagai cawapres yang terbanyak di bicarakan, dan di sukai oleh mayoritas publik di jejaring sosial.

Pihak Prapancha Research menggunakan acuan dasar dari perbincangan dan twit yang bergulir di Twitter yang membahas Pemilu 2014 dari tanggal 22 Maret sampai 21 April kemarin.

Dari penelitian tersebut, Jusuf Kalla mendapatkan twit sebanyak 20.170. Di posisi kedua adalah Mahfud MD dengan 9.041 twit, kemudian Muhaimin dengan 8.132 twit dan yang terakhir adalahBasuki Tjahaja Purnama atau biasa disebut Ahok dengan 5.479 twit.

"Kami mengidentifikasi animo khalayak jejaring sosial terhadap nama-nama kandidat cawapres ini. Hasilnya JK ditemukan sebagai kandidat yang paling positif diperbincangkan di Twitter dibanding yang lain," kata Peneliti Prapancha Research Adi Ahdiat, seperti dikutip dari Antara, Senin (21/04/2014).

Tak hanya JK, Mahfud MD, Muhaimin dan Ahok, ada juga dengan perolehan twit di bawah ke-4 orang tersebut, seperti Gita Wirjawan, Hatta Rajasa, Dahlan Iskan dan Ryamizard Ryacudu.

Dari hasil pantauan terhadap sentimen pembicaraan dari sebagian twit yang diambil secara acak berlapis sebagai sampel, nama JK kembali mencuat. Hal ini karena pembicaraan tentang JK bukan hanya frekuensinya tinggi, tetapi sentimennya juga cenderung positif.

"JK memperoleh indeks sentimen positif tertinggi. Diikuti Mahfud MD dan kemudian Ahok," ujar nya. {merdeka}