Ongkos Produksi Cuma Rp 2,9 Juta, Galaxy S5 Di Jual Rp 8,5 Juta



AcehJournalPasific.com
-  Ponsel pintar andalan terbaru Galaxy S5 telah dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp 8,5 juta. Untuk sebuah smartphone premium, harga tersebut tergolong wajar. Namun, apakah anda tahu berapa sebenarnya ongkos yang harus dikeluarkan Samsung dalam proses pembuatan satu unit Galaxy S5 ?

Laman Cnet melansir, Rabu (16/4/2014), perusahaan riset industri IHS baru-baru ini melakukan studi perkiraan ongkos pembuatan Galaxy S5. Perusahaan yang berbasis di Colorado, Amerika Serikat itu membongkar dan menilai keseluruhan handset Galaxy S5 berdasarkan komponen-komponen yang disematkan di dalamnya.

Dari studi tersebut, di peroleh hasil, bahwa Samsung membutuhkan dana sekitar USD 256 atau sekitar Rp 2,9 juta untuk membuat satu unit Galaxy S5. Biaya tersebut sedikit lebih mahal dibandingkan biaya pembuatan ponsel pintar flagship Samsung sebelum nya, Galaxy S4, yang membutuhkan biaya produksi per unit sekitar USD 244 atau setara dengan Rp 2,7 juta.

Dari fakta ini, terlihat bahwa Samsung mampu meraup keuntungan yang luar biasa besar dari hasil penjualan smartphone andalan nya tersebut.

Namun perlu di ingat, selain ongkos pembuatan, produsen tentu punya perhitungan lain. Di antaranya seperti biaya riset, lisensi software, pemasaran, iklan, dan lain nya, yang ikut berpengaruh terhadap harga jual sebuah smartphone. (Abhy)