Pemerintah Aceh Akan Tingkatkan 4 Pelabuhan Barat - Selatan



Banda Aceh - Setidaknya akan ada empat pelabuhan di bagian barat dan selatan Aceh akan ditingkatkan. Pemerintah Aceh telah mengalokasikan dana Rp16 miliar lebih melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA) 2014.

Hal itu diungkapkan Plt Kepala Humas Pemerintah Aceh, Murthalamuddin. Menurutnya, keempat pelabuhan itu akan dibangun dengan dana dari provinsi. “Ini sebagai upaya Pemerintah Aceh dalam membangun kawasan barat – selatan'' ujar nya.

Murthala mengungkapkan, keempat proyek peningkatan pelabuhan itu adalah: peningkatan pelabuhan penyeberangan di Singkil, pembangunan sisi darat pelabuhan penyeberangan Kuala Bubon, pembangunan sisi darat pelabuhan Meulaboh, dan pembangunan pelabuhan Susoh di Teluk Surin.

“Untuk Pelabuhan Singkil dianggarkan Rp1,5 miliar, pelabuhan Kuala Bubon dan Meulaboh Rp3,2 miliar. Yang besar itu untuk pembangunan pelabuhan Susoh di Teluk Surin, Pemerintah Aceh telah mengangarkan dana sebesar Rp11,359 miliar,”

“Lebih dari itu, Pemerintah Aceh menginginkan peningkatan pelabuhan Susoh bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di kawasan tersebut. Apa lagi Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya sudah melakukan sudi kelayakan untuk pengembangan Pelabuhan Susoh di teluk Surin dan kawasan industri terpadu di sekitarnya, ” tutup nya. (Abhy)