Pemilu Di Aceh Pidie Curang, 406 Surat Suara Di Coblos Duluan





Aceh Pidie - Proses Pemilu 2014 di Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, di duga telah terjadi kecurangan. Penyebab nya, ditemukan 406 lembar surat suara telah di coblos duluan di TPS di Kecamatan Titeue, dan penghilangan kertas suara sebanyak 300 lembar di Gampong Dayah Gampong Raya, Kecamatan Delima, Aceh Pidie.

Akibat peristiwa tersebut, akan di lakukan pemungutan suara ulang, di TPS yang di duga curang, setelah mendapat rekomendasi Panwaslu, seperti yang diutarakan Ketua KIP Pidie Ridwan, Rabu sore (9/4/2014).

"Kejadian itu kini telah ditangani oleh Penegakan Hukum Terpadu atau Gakkumdu, untuk diteliti terhadap kemungkinan kecurangan yang terjadi," ungkap Ridwan.

Ketua Panwaslu Pidie, Azhari Budiman, mengatakan semua berkas perkara tersebut kini telah diserahkan Gakkumdu kepada Panwaslu untuk diteliti dan dipastikan jenis pelanggarannya.

"Sejauh ini kami belum menemukan indikasi kecurangan yang dilakukan, apakah mengarah ke pidana pemilu atau pidana umum. Panwaslu terus meneliti sejauh mana kecurangan yang dilakukan dan mengarah kepada siapa pelakunya," ujar nya.

Adapun kecurangan tersebut, terjadi di enam gampong, yakni di Kecamatan Titeue, yakni Gampong Asan Tuengpeudeng, Gampong Pante Siren, Gampong Pante Kulu, Gampong Meunasah Cut. Kemudian, Gampong Paloh Naleueng, Gampong Ukee, dan gampong Dayah Menera. (Ajir)