Satpol PP Abdya Bongkar Alat Peraga Kampanye



Blangpidie - Sejumlah Alat Peraga Kampanye yang terpasang di sepanjang Jalan Protokoler di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dicopot Satuan Polisi Pamong Praja Abdya (Satpol PP), Minggu malam (6/4/2014). Penertiban atribut sejumlah partai itu mendapat pengawalan tim Panwaslu Abdya, KIP Abdya dan dibantu sejumlah Pihak Kepolisian Abdya.

Pantuan wartawan, pencopotan baliho caleg dan atribut kampanye dilakukan petugas Satpol PP dengan menaiki truk. Satu persatu gambar caleg dan atribut caleg yang menempel pada pepohonan, tiang listrik dan ruko-ruko di perkotaan juga jadi sasaran satpol pp.

Dalam penertiban tersebut, tim gabungan menertibkan atribut sepanjang jalan utama menuju simpang cerana kota Blangpidie.
Asisten Pemerintahan Abdya Drs Mac Rivai Msi yang turut hadir dan memantau langsung mengatakan, pihaknya melibatkan 15 personil Satpol PP dalam melakukan penertiban. Selain itu dia juga merasa terbantu dengan hadirnya pihak personil kepolisian yang ikut serta dalam penertiban itu.

Ketua Panwaslu Abdya Fahrul Rizha Yusuf yang dijumpai saat dilapangan mengaku penertiban yang dilakukan adalah langkah untuk mensterilkana (membersihkan) atribut kampanye hingga H-2 pelaksanaan pemilihan, yakni sampai tanggal 7 April mendatang. 

"Penertiban Alat Peraga Kampanye ini dilakukan untuk menjaga dan mensterilkan suasana yang tinggal beberapa hari lagi, penertiban ini kita lakukan sampai tanggal 8 april, hari ini kita mulai dari ibu kota dulu, dan ada sejumlah partai politik yang sudah melakukan penurunan lebih awal," ujarnya.

Fahrul juga menyebutkan, Penertiban yang dilakukan itu adalah bentuk perjanjian yang telah disepakati antara pihak Panwaslu Abdya dengan pemerintah Abdya dan masing-asing ketua partai politik di Abdya.
"Penertiban yang kita lakukan adalah bentuk perjanjian dan komitmen masing-masing ketua partai beberapa hari yang lalu, yang isinya sepakat dan mendukung agar pada 9 April di Abdya bebas dari atribut kampanye,"terangnya. (Putra)